Rabu, 06 April 2011

Ayah, IMD dan Laktasi


asi..adalah anugerah illahi
asi adalah harapan setiap ibu kepada para bayi
asi adalah pelindung dari virus dan bakteri
memberikan asi sama dengan memberi kehidupan sejati
mari direncanakan sejak dini
dan diberikan kepada buah hati
mulailah hidup dari sesuatu yang alami

Asi..bukan hanya kegiatan para ibu. Ayah di seluruh dunia pun perlu memberi dukungan dan membantu keberhasilan kegiatan ini. Layaknya sebuah keluarga, kedua orang tua harus saling membahu. Memberikan asi hampir sama dengan memberikan nafkah lahir dan batin kepada keturunan kita. Seperti yang telah disebutkan dalam al-Baqarah 233 : "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." 

Para ayah yang mengaku SIAGA (siap antar jaga), tetap harus melakukan tugasnya seketika bayinya lahir..dan tahukah Ayah..sesaat setelah bayi muncul ke dunia,..dia tidak ingin untuk langsung ditimbang ataupun diukur..dia pun tak ingin dimandikan agar bersih..justru lemak yang dibawanya dari rahim dapat menghangatkan kepalanya. Tubuhnya hanya cukup diselimuti saja..karena yang dia butuhkan adalah kehangatan kulit ibu yang telah melindunginya selama 9 bulan..dia rindu aroma keringat yang ternyata mengandung banyak bakteri baik. Dia juga rindu irama jantung ibunya yang teratur..
MAri perhatikan..perjuangan anak adam untuk mencapai ke kehidupan pertamanya berawal dari sini!! ASI makanan terbaik bayi.
Jika bukan karena kekuasaan Yang Maha Penyayang, maka setiap bayi manusia tak kan mungkin bisa bertahan lama di awal kehidupannya. Tuhan telah mengkaruniakan sumber makanan terbaik di dunia bagi bayi mungil berupa ASI, hewan pun juga memanfaatkannya. 
Proses perjuangan itu kini lazim disebut sebagai Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Tahukah ayah,..proses ini mulai digalakkan kembali setelah sempat meredup selama puluhan tahun akibat hantaman badai susu formula di berbagai media.


Oleh karana itu, kepada para ayah..bantulah ibu untuk merasa yakin akan kemampuannya menyusui. Proses laktasi adalah proses pikiran. Jiwa yang tenang dan hati yang bahagia serta pikiran yang positif sangat membantu keberhasilan laktasi. Hormon prolaktin dan oksitosin dapat bekerja dengan baik bila ibu merasa senang.. temanilah ibu ketika sedang menyusui, bantulah ia dalam setiap kegiatannya..Ibu yang baru menjalani proses persalinan cenderung lelah dan perlu pemulihan. Inilah saatnya yang tepat bagi ayah untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang. Kegiatan bersama ini tak bisa diwakili oleh siapa pun karena menikah, memiliki keturunan juga membesarkannya adalah keputusan bersama sebuah pasangan dalam berumahtangga.

well,..fathers,..start from here!! Be a good man! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)