Sabtu, 13 Desember 2014

Happy Creative Holiday!

Stres di hari minggu bisa melanda siapa saja. 
Stres karena pekerjaan yang belum selesai; stres cucian yang menumpuk dan ga kering; stres tanggal tua hingga stres menjelang liburan.
Ya. Liburan yang sebentar lagi dirayakan oleh anak Indonesia ini justru tidak begitu disukai beberapa ibu di lingkungan saya. Alasannya, anak semakin sering minta uang jajan, acak-acak barang dan enggan membereskan bahkan kerap bikin keributan. 
Buat saya yang punya tiga jagoan,..stres semacam ini ga perlu nunggu libur, hehehe setiap hari telinga sudah terbiasa dengan hiruk pikuknya.

Bagaimana menyiasatinya?

jeruk nipis segar

  • Mulai bangun pagi dengan minum segelas air putih. Setelah tunai beribadah, lengkungkan badan seperti kucing yang memulurkan punggungnya. Letakkan telapak tangan rata dengan lantai. Biarkan otot-otot yang pegal tertarik ke depan selama 5-10 menit. setelah itu kembalikan posisi semula dan gerak senam ringan.   
(sumber disini)

  • Sejam kemudian minumlah segelas air hangat yang dicampurkan dengan beberapa tetes jeruk nipis disertai kulitnya. Aroma jeruk nipis saat "nyiprat" benar-benar memberikan sensai wow  bagi penciuman kita karena jeruk nipis bisa menjadi penenang yang tepat bagi orang yang mudah stres - halaman 55 Khasiat Ajaib Jeruk Nipis.


  • Ajak buah hati berbelanja dan memasak yang disukainya. Cara ini efektif menyita waktunya hingga ia merasa lapar dan mencicipi sendiri olahannya. Misalnya ia ingin membuat pancake seperti yang sering dibelinya di sekolah maka siapkanlah resepnya lalu mintalah ia berbelanja di warung terdekat atau jika tidak tersedia, ibu menemaninya ke pasar dan mengenalkannya pada bahan yang dibutuhkan. Terigu, telur, mentega, meises, selai atau keju dan kisaran harganya akan mengajarkan buah hati berpikir. Putra putri Anda akan belajar berhitung barang belanjaan dan membandingkan rupiah yang ia habiskan jika seringkali jajan di luar rumah. 

  • Selanjutnya mengajak buah hati bermain dengan barang bekas.


Barang bekas dari botol obat, botol yakult, hingga botol saus/kecap dapat dimanfaatkan menjadi boneka mainan. Caranya mudah dan dapat dikerjakan oleh buah hati Anda.
Ibu cukup menyiapkan lem (UHU), gunting, benang wol warna-warni, potongan flanel dan perca, pita/renda sebagai pemanis. Sebelum memulai, bersihkan dan keringkan botol-botol tersebut agar tidak menimbulkan jamur dan mengundang semut. Setelah itu mulailah kegiatan mengasyikkan ini sambil melatih konsentrasi anak. Cara pembuatannya bisa dinantikan di postingan berikutnya atau Ibu dapat mengaksesnya di pembuatan boneka bebek di laman ini.

Yuk..main-main terampil bersama si kecil. Ibu senang, buah hati pun girang!

7 komentar:

  1. Ide yang bagus nih , mbak
    Mbak Ketty makasih ya sdh berbagi tips ini

    BalasHapus
  2. Kreatiiif mbak :) Kalau aku gak telaten buat kerajinan tangan gitu, bahkan untuk masak sekalipun :p

    BalasHapus
  3. air hangat dengan jeruk nipis.. Bisa dicoba itu.. thanks tipsnya ya..

    BalasHapus
  4. ide boneka bebeknya boleh dcoba.. apalagi saya ducklover.. pas!!

    BalasHapus
  5. eh itu Buku Jeruk Nipis karya Mbak Ketty lagi ya? Wah kerennn... ini buku kedua kah?

    Oya, aku akhir2 jarang ngeblog karena kesibukan kantor yang gak bisa ditinggal mbak... :(

    BalasHapus
  6. Good idea nih. Memang sama anak harus belajar bikin segala yang kreatif ya..

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat sekali gan info dan artikelnya...

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)