Selasa, 31 Maret 2015

Tips Mendapatkan Air Perasan Jeruk Nipis


Hasil gambar untuk lime
sumber: http://www.creoglassonline.co.uk/

Tak mudah mendapatkan air perasan buah jeruk ini. Seringkali jeruk nipis yang terlalu lama disimpan di lemari pendingin, tidak mengeluarkan airnya sedikit pun meski telah tua. Untuk mendapatkan air perasan yang cukup banyak, teman-teman pembaca dapat mengikuti tips-tips berikut ini:
1.      Memilih jeruk nipis yang tepat
Jeruk nipis yang telah tua ditandai dengan pori-porinya yang tampak jelas dengan mata telanjang, berkulit tipis dan empuk saat ditekan bagian kulitnya oleh jari jempol.
2.      Meletakkan di suhu ruang
Jika pembaca menyimpan buah ini di lemari pendingin maka letakkan buah jeruk di suhu ruang agar air yang dihasilkan semakin banyak.
3.      Melakukan perendaman
Dilakukan pada buah jeruk nipis yang disimpan di lemari kulkas. Agar suhu buah cepat sama dengan suhu ruang maka jeruk nipis perlu direndam di air hangat selama 15-20 menit.
4.      Memancing air jeruk
 Sebelum diperas, gulingkan buah dengan meletakkan jeruk nipis di atas meja (permukaan yang datar) lalu diputar-putar sambil ditekan halus dengan bantuan telapak tangan. Penggulingan akan melunakkan daging buah sehingga lebih banyak air jeruk nipis yang keluar.
5.      Penusukan
Perlakuan ini juga dapat memancing air perasan keluar lebih banyak. Caranya dengan menusuk kulit jeruk di beberapa bagian, menggunakan garpu.
Semoga tips di atas dapat mempermudah teman-teman pembaca mengatasi kesulitan memeroleh air perasan jeruk nipis. Selamat mencoba!

Sumber:
Annisa Kurnia. 2014. Buku Khasiat Ajaib Jeruk Nipis. Andi Publisher. Yogyakarta.
#artikel ini juga dipublikasikan di ummi-online.com

4 komentar:

  1. di tempat saya sudah jarang yang pakai jeruk nipis kayaknya, pakainya yang lemon. (Tapi orang2 bilangnya juga jeruk nipis sich). Banyak yang tanam, kalau yang jeruk nipis asli harus ke pasar dulu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin maksudnya, jeruk nipis utk yang jenis lokal, dan lemon untuk yang jenis non biji mbak..tapi tetap banyak air yang lokal lo..:)

      Hapus
  2. meletakkan di suhu ruang berapa lama ya mbak?

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)