Selasa, 23 Juni 2015

Jitu Mengatasi PMS Pada Buah Hati


Membekali ilmu tentang menstruasi pada anak gadis kita sangatlah perlu. Penting jika disosialisasikan jauh sebelum ia mengalaminya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kepanikan, bingung dan stres kala menghadapinya pertama kali. Sebab umumnya mereka yang kurang mendapatkan informasi tentang “haid”, mengalami kondisi yang galau. Orangtua harus berperan lebih dulu untuk membantu buah hatinya. Terutama memberikan informasi tentang kondisi pre menstruasi syndrome (PMS).

Pre menstruasi Syndrome atau biasa disebut gejala pre menstruasi dapat menyertai sebelum atau saat menstruasi. Gejalanya antara lain:

1.      Tubuh menjadi lemas serta mudah merasa lelah

2.      Nafsu makan meningkat dan suka makan makanan yang rasanya asam

3.      Emosi menjadi labil. Biasanya kita mudah uring-uringan, sensitif dan perasaan-perasaan negatif lainnya.

4.      Mengalami kram perut (dismenorrhoe)

5.      Kepala nyeri

6.      Pingsan

7.      Berat badan bertambah karena tubuh menyimpan air dalam jumlah yang banyak

8.      Pinggang terasa pegal

Repot ya jika buah hati kita sedang dikejar “tugas belajar” mengalami kondisi-kondisi di atas. Namun kita sebagai ibu, bisa menyiasatinya. Beberapa tips berikut dapat membantu:

1.      Melakukan gerakan ringan

Ajak buah hati melakukan peregangan betis, peregangan otot lutut dan tarik jari untuk membantunya mengurangi otot-otot yang pegal. Kini banyak kegiatan berunsur senam seperti aerobik, pilates dan yoga. Dorong buah hati untuk ikut aktif, karena gerakan itu membuat aliran darah lancar dan meredakan stres

2.      Melakukan istirahat dan relaksasi

Jangan stres ya Moms. Buat situasi rumah dan ciptakan guyonan hingga buah hati tertawa adalah media untuk menghilangkan penat saat ia mengalami PMS. Tertawa menjadi cara mujarab mengendurkan otot-otot syaraf yang tegang.

3.      Meminum jahe

Buatkan buah hati minuman dari jahe yang sangat efektif meringankan iritasi pada selaput usus dan membantu proses pencernaan. Potong jahe segar tipis-tipis lalu masukkan 2-3 potongannya ke gelas. Tuangkan air mendidih ke dalam gelas tadi dan biarkan selama 5 menit. Tambahkan madu sebagai pemanis jika buah hati suka.

4.      Buatkan makanan yang rendah lemak, sayuran bernutrisi dan cegah buah hati mengonsumsi makanan yang mengandung gula, coklat, garam dan lemak jenuh. Makanan sehat akan menjaga kadar gula darah tetap seimbang.
 

Ternyata mudah ya cara mengatasi galau saat PMS.. Kita tak perlu risau lagi jika melihat buah hati murung, sedih tanpa sebab. Cukup dengan melakukan pendekatan yang baik dan menyediakan aneka makanan sehat, buah hati dapat melewati PMS dengan happy.

Sumber:

Tracey Kelly. 50 Rahasia Meringankan Sindrom Pramenstruasi. Erlangga. Jakarta.

Handrawan Nadesul. 2008. Cara Sehat Menjadi Perempuan. Kompas Media Nusantara. Jakarta
 
artikel ini telah dipublikasikan pada 15 Juni 2015 di majalah digital Ummi

2 komentar:

  1. Dulu aku mikir kalau udah tua itu nggak PMS lagi tp tetep aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak Lusi.. saya juga masih merasakan galau super kesal jika sedang PMS

      Hapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)