Minggu, 24 April 2011

Hidupkan Semangat Ngeblog!!







Lalu di tahun ini, tepatnya di bulan Februari, saya bertemu dengan seorang teman masa kecil. Hal yang tak saya duga adalah ternyata dia pelaku blog juga dan telah cukup lama berkecimpung di dunia itu. Saya mulai menimbang-nimbang untuk menghadirkan mimpi saya yang dulu sempat tertunda, ya membuat blog dan mengisinya sesuka saya. Saya tertantang untuk belajar membuatnya, cukup mudah! langkah selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan penuh cinta dan sikap konsisten. Ya, saya harus disiplin untuk setia mengisi blog yang telah dibangun dengan penuh semangat 2011. Alhasil, kepala saya selalu berputar untuk mencari ide karena itu saya menjadi lebih suka membaca koran setiap hari, menonton berita terkini dari televisi maupun internet. 


Untuk mencambuk diri, saya membuat jadwal terhadap diri sendiri agar blog yang telah saya bangun tidak mati begitu saja hanya karena saya kehabisan bahan tulisan. Setiap minggu saya harus menemukan tema menarik untuk ditulis, dorongan ini membuat saya selalu berpikir cepat dan kritis. Jika saya tidak menemukannya, saya mencarinya di buku-buku terbitan lama ataupun dari kehidupan sehari-hari. 

Pendek kata, saya benar-benar bersemangat untuk menjadi wartawan bagi blog saya sendiri. Aneh kan?? Kehadiran blog membuat hidup saya berbeda, lebih termotivasi dalam menyikapi hari dan senantiasa berpikir positif. Menurut pandangan saya, blogger memang harus senantiasa menularkan wacana positif kepada para pengunjungnya. Mereka yang bersedia mengunjungi kita (blogger) untuk menikmati hasil pemikiran maupun pendapat tertulis, pastinya akan terpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung. Saya menyimpulkan, blogger menyerupai profesi penyuluh  berbagai bidang tergantung topik wacana yang diangkatnya.


Kekinian yang terjadi, ngeblog sedang bersaing dengan kegiatan hidup yang lain, yaitu nge-FB dan nge-tweet. Bagaimana pun saya tetap berminat di jalur panjang ini. Tak ada yang lebih istimewa selain mendokumentasikan ide, keluhan dan pandangan kita terhadap sesuatu hal yang terjadi di lingkungan sekitar selain menempatkannya dalam suatu wadah dan mengulas balik ketika kita membutuhkannya. Ide-ide lawas seringkali dibutuhkan kembali untuk mereview langkah kita selanjutnya dan inilah dia, media yang tepat. Asalkan kita berani memilah mana yang perlu diulas dan dipublikasikan kepada publik dan mana yang dirasa tak penting. 


Ngeblog membuat kita berpikir matang dan tidak asal-asalan dalam menulis atau mengulas sesuatu hal. Kita diajak berpikir dewasa dan bertanggungjawab. Dalam pelaksanaannya, kita pun terlatih untuk belajar menulis, tentunya dengan ejaan yang baik pula. Ini tidak berarti ngeblog harus buka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan menulis dengan EYD layaknya sedang mengajukan proposal kepada dosen tetapi ini sebagai cambuk kepada kita (blogger) agar tidak melupakan cara bertutur yang benar. Secara tidak langsung kita mempengaruhi para pembaca untuk senantiasa menyelamatkan Bahasa Indonesia.


Jika sekarang peminat media blog mulai menurun, bisa jadi disebabkan kurang adanya motivasi menulis dalam diri kita. Ya, menulis memang terbilang mudah namun keberanian untuk mempublikasikannya kadang menjadi kendala. Keraguan inilah yang harus dipugar. Ngeblog adalah kebebasan beragumentasi, siapa pun bisa melakukannya. Untuk merangsangnya bisa dimulai dengan ajakan duet ngeblog. Duet bisa dilakukan dengan sesama blogger yang telah dikenali sebelumnya dan mempunyai visi dan misi yang sama. Duet memberi kelonggaran kepada para blogger dan rasa nyaman untuk  menumpahkan segala bentuk pikirannya..tak ada rasa malu dan ragu tentunya.


Saya hampir melakukannya, dengan mengajak teman masa kecil saya untuk saling membuat topik menarik dan mengulasnya bergantian di blog masing-masing. Namun semua gagal terlaksana karena sang teman keburu berlalu pergi untuk mengurus hal yang lebih penting.
Akhirnya saya berlari kesana kemari mencari tempat yang bisa membantu saya mengembangkan kemampuan menulis saya dan kini saya baru merintisnya melalui ajang kontes-kontesan. Sedikit uji nyali tak apalah, asalkan ada ladang untuk berlatih :-) 


Ah jika saja,..(saya sempat membayangkan) betapa asiknya melakukan estafet blog yaitu ngeblog bareng dalam satu tema atau cerita dengan banyak orang di blog masing-masing dan saling terkait, pasti semua orang akan dapat kesempatan untuk dikunjungi oleh para komentator.. dan blogger akhirnya mendapat masukan terus-menerus dari hasil tulisan yang dikembangkannya..
Nah, andai saja setiap blogger selalu punya semangat yang sama pasti akan asyik kan?? Gairah ngeblog akan bangkit kembali. 


There are opportunities in every challenge and there is always time for everything, begitu kiranya kalimat bijak yang disampaikan Rene Suhardono melalui kolom ULTIMATE-U hari Sabtu kemarin. Selalu ada kesempatan tersendiri yang bisa dimanfaatkan apabila hati dan pikiran jeli dalam melihatnya, sekiranya rangkaian kalimat Bang Rene memang pas untuk saya dan kita yang selalu menjadikan blog sebagai sarana kreatif dan inovatif.


nb:tulisan ini diikutsertakan dalam "Blogger Return Contest" yang disponsori oleh denaihati.
      penyelenggara anazkia.blogspot.com



18 komentar:

  1. Semoga menang dalam kontesnya, mbak...

    tetap semangat ngeBlog.

    Salam Blogger. :)

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum...

    Salam kenal, Mbak :)
    Terimakasih sudah berpartisipasi dalam event kami. Saya catat yah, Mbak.

    Btw, kalau boleh usul usahakan cantumkan link penyelenggara juga, soale takut yang baca malah nanyanya ke denaihati, kan beliaunya gak tahu apa2 :)

    BalasHapus
  3. @erwinaziz:terimakasih atas supportnya mbk..jg ats
    kunjungan baliknya..

    BalasHapus
  4. @anazkia: okay mbak,..saya edit ulang..trims atas koreksinya

    BalasHapus
  5. Iyah, Mbak. penyelenggaranya anazkia.blogspot.
    terimakasih :)

    BalasHapus
  6. @anazkia: "penyelenggara" sdh saya cantumkan..mksh mbk :>

    BalasHapus
  7. ayooo..semangat ngeblog ^^
    semangat berbagi lewat tulisan :)

    sukses ya..

    BalasHapus
  8. Menjadi wartawan buat blog pribadi, that's my job too. ^_^ share your life, and make them inspired with it.

    BalasHapus
  9. @khairul faiz: setuju deh mas,..tnks dah mampir:D

    BalasHapus
  10. semangka mbak.. jangan pernah berhenti menulis.. banyak sekali bahan utk nulis blog.. hehe *salam kenal ^-^

    BalasHapus
  11. ngeblog dg cara estafet? hmm..ide menarik.

    BalasHapus
  12. @chifia Karuniaty: seneng bgt ada semangka yg dihadirkan disini.makasih ya!

    BalasHapus
  13. @sang cerpenis: mari lanjutkan ide itu :D

    BalasHapus
  14. Dan ... blog semakin bertambah manfaatnya setelah memenangkan Blogger Return Contest. Selamat ya ... ^_^

    BalasHapus
  15. @ Bang Aswi: terimakasih atas pengumumannya Bang,..rasanya seperti ketiban durian di malam hari...:D

    BalasHapus
  16. selamat ya..akhirnya jd pemenang.. :D

    BalasHapus
  17. Selamat, tulisan ini terpilih sebagai pemenang blogger return contest. Mari kita jadikan blog sebagai sarana untuk saling mengingatkan dan menguatkan melalui tulisan ( Insya Allah ) Sekali lagi, selamat!

    BalasHapus
  18. Aiiih... dirimu menang juga. Kamu terlalu rendah hati deh heheheee... Selamat ya. Biar aku bisa mengikuti perkembangan blog ini, sdh aku buatkan wigdet blogroll untuk teman2 blogger baruku. Ayo semangat ngeblog!

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)