Sabtu, 30 April 2011

Silahturahmi Obat Pikun

Pernahkah mendengar sebuah kalimat ini?
"Sebuah hadits Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu’anhu dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, yang berbunyi,

صِلَةُ الرَّحِمِ تَزِيْدُ الْعُمُرَ
Artinya: “Silaturahim bisa menambah umur.” [Dikeluarkan oleh Al Qadha’i dalam Musnad Asy Syihab dan dihasankan oleh Al Munawi dalam Faidhul Qadir (4/192) dan Al Albani menshahihkannya dalam Shahihul Jami' no. 3776] (ustadzkholik.com)
ya, hadits tersebut mewakili tanda tanya manusia akan kekuatan silahturahim dalam kehidupan sehari-hari..oia,..jika kita biasa mendengar atau mengucap silaturahim dengan silaturahmi maka mulai sekarang cek-lah kosa kata tersebut. rahmi bermakna kasih sayang, rahim = rahim sedangkan silah = hubungan. Jadi jika kita menyebut salah satu di antara keduanya, ternyata maknanya berbeda ya?? :P (saya pun baru mengetahuinya..ups telat ya..)  .
Bicara tentang silahturahim maka otomatis kita akan ingat bagaimana petuah orang tua kita untuk selalu menjaganya dengan orang-orang terkasih dan para saudara baik ketika orang tua kita masih ada maupun setelah mereka tiada. Dan faktanya, memang kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Tentu anda tidak ingin kan mengalami gejala kepikunan dini yang kini mulai merambah para generasi muda. 

Penelitian tim dari Pusat Penyakit Alzheimer Rush yang dimuat di jurnal International Neuropychological Society menunjukkan penerunan daya kognitif pada orang lanjut usia lansia dapat dihambat dengan melakukan aktivitas sosial secara teratur. Aktivitas tersebut antara lain mengunjungi teman atau keluarga, aktif dalam kegiatan sosial, atau lingkungan, berlibur, berolahraga hingga ikut kegiatan keagamaan. (Kompas, 28 April 2011)
Penelitian ini dilakukan terhadap 1.138 lansia dengan umur rata-rata 80 tahun yang tergabung dalam Proyek Penuaan dan Memori Rush.
Yuk, mulai menjaga kesehatan memori dan otak kita, jika tidak sempat berinteraksi di luar ruangan maka mulailah dengan bersosialisasi bersama teknologi terkini...!

2 komentar:

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)