Selasa, 06 Desember 2011

Ayo Ngeblog: Berbagi Informasi, Ilmu dan Pengetahuan

Dunia ngeblog adalah dunia ekspresi. Penuh warna kehidupan bagi pemiliknya, termasuk saya. Disinilah semangat hidup dan nasihat tak menggurui saya temukan. Dunia ini justru lahir ketika saya mengalami kebuntuan terhadap masa depan. Ya, masa depan dan perputaran nasib tak bisa ditebak oleh manusia,  bahkan yang sakti sekali pun. Namun justru dengan ngeblog, sebuah pencerahan saya temukan. Satu persatu tulisan kawan membuat saya berpikir panjang dan mulai menata diri. Saya tak lagi bersedih, karena banyak di antara mereka justru bisa berdamai dengan keterpurukannya. Caranya tentu mudah, hanya dengan menuliskan semua uneg-uneg pada sebuah tulisan sederhana, santai dan dapat dipertanggungjawabkan..Faktanya itu adalah obat mujarab.

Ya. Ngeblog membuat saya belajar banyak dari lingkungan yang tak pernah saya jamah sebelumnya. Bahkan dua bulan yang lalu, media ini membuat saya menemukan cara yang cocok untuk mengatasi penyakit asma yang diderita si kecil (Razan). Melalui blog salah seorang kawan, saya berkenalan dengan sebuah obat herbal yang ternyata sudah saya miliki sejak lima tahun lalu. (Masya Allah, punya obat tapi tidak tahu manfaatnya..)

Awalnya sempat ragu karena asma yang diderita si kecil selalu kambuh setiap bulan (sebulan terjadi dua hingga empat kali) artinya dia mengalami tubuh yang rentan terhadap lingkungan. Alergi ini timbul akibat cuaca, debu juga dari makanan. Pusing rasanya memikirkan langkah terbaik agar anak bisa makan normal tanpa adanya pantangan ini itu dan tetap bisa bermain layaknya anak-anak lain. Hingga di suatu hari yang panas, ketika saya membaca sebuah postingan mbak Thia, saya mulai menimbang-nimbang untuk memanfaatkan informasinya.

Hari itu saya coba menerapkannya pada si kecil. Setiap hari saya bersabar dan berikhtiar dengan obat ini. Bertahan tidak menggunakan obat medisnya. Bahkan ketika Razan mengalami batuk hebat hingga sesak, saya berusaha menahan diri tidak membawanya ke dokter. Puji syukur pada Allah semata, meski memakan waktu yang cukup lama (alias tidak seketika sembuh), cara herbal yang saya gunakan justru mengurangi ketergantungannya pada beberapa obat-obatan kimia. Sekarang, setelah dua bulan pemakaian, Razan jarang flu juga batuk. Maaf ya kawan, saya tak bermaksud menulis sambil berpromosi tapi inilah yang sungguh-sungguh terjadi. Terima kasih buat mbak Thia atas info propolisnya.
Saya bersyukur berjodoh dengan aktivitas ini.

Saat ini, setelah 9 bulan saya mengarungi dunia ngeblog, media ini pun menjadi wadah pembelajaran saya dalam belajar menulis secara runtut dan baik. Menulis adalah keinginan lama, seperti yang dilakukan oleh Mas Yons, idola saya. Menulis yang tidak asal-asalan dan tertata secara benar. Belajar menyatakan pendapat dengan tepat dan menyimpan informasi dari media lain untuk catatan pribadi. Ya, dari mas Yons-lah awal kali pertama saya belajar terhubung dengan dunia literasi. Hingga kemudian saya menemukan jejak penulis senior yang telah berkecimpung di dunia penerbitan ataupun di media cetak. Mereka semua adalah guru terbaik.

"Curahkanlah bebanmu maka jiwamu akan tenang. Jika tak mampu, coretkanlah dalam kanvas atau garis tegas kalimat panjang maka engkau akan merasakan kelegaan."

Itulah sekelumit yang saya simpulkan dari perjalanan ngeblog yang mulai saya gemari ini. Mari ngeblog! Ngeblog adalah sarana yang tak berpatok pada usia. Suatu saat, saya akan membutuhkan catatan hidup ini sebagai introspeksi diri dan penunjuk fakta bagi anak cucu saya Semoga bukan hanya sebagai eksistensi tetapi sebagai arena belajar bagi diri dan bermanfaat untuk orang lain. Berbagi ilmu dan pengetahuan yang mungkin tidak pernah dibukukan karena pengetahuan tak pernah lekang oleh waktu.

 Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! yang diselenggarakan oleh duniamuam

Kontes Ayo Ngeblognya Muam

55 komentar:

  1. "Curahkanlah bebanmu maka jiwamu akan tenang. Jika tak mampu, coretkanlah dalam kanvas atau garis tegas kalimat panjang maka engkau akan merasakan kelegaan."

    sukaaaaaaaa dengan kalimat itu mbak.. izin pake yaa.. hehe

    poko'e.. ayoo ngeblog!! karena ngeblog itu seperti sebuah miracle yang sengaja Tuhan kirimkan untuk kita.. setuju mbak Ketty??

    BalasHapus
  2. Hm,
    nanti kalau Razan udah besar trus baca baca blog ibunya lucu kali ya hehe~
    Woohoo~ ngeblog memang asik :D

    BalasHapus
  3. sepakat mbak, aku suka dg ketegasan kalimatmu mbak...

    BalasHapus
  4. ngeblog emang banyak membawa manfaat ya mbak...

    BalasHapus
  5. dengan ngeblog kita bisa mempunyai banyak teman Mbak...semoga memang Mbak Ketty

    BalasHapus
  6. Ayoo happy blogging dan writting...semoga sukses ya Mbak

    BalasHapus
  7. kalo buat sayah mah...
    orang pinter itu banyak
    tapi yang mau berbagi itu jarang...

    BalasHapus
  8. oke..tulisannya akan kami catat sebagai peserta...
    terima kasih atas partisipasinya yah..
    ngeblog memang bermanfaat...
    :)

    BalasHapus
  9. bener mba sepakat, walau sampe sekarang aku masih baru bisa belajar dari blog2 sahabat tp blom bisa memberi manfaat, mudah2n kedepannya menjadikan ku bisa lbh bermanfaat.amin

    sukses ya
    salam

    BalasHapus
  10. Berbagi tak pernah rugi, kata orang. Dan this is the beauty of blogging, kata seorang blogger senior. Ayo, ngeblooooggg...

    Eh, kontes tho, Mbak??
    Gudlak yaaa....

    BalasHapus
  11. sukak banget sama kalimat yg itu. ituuu... hehe..

    sukses buat kontesnya ya Mbak ketty :)

    BalasHapus
  12. berkunjung ^^

    ngeblog memang banyak manfatnya ya mbak.
    tulisan mbak juga tambah rapih dan runtut, nggak kaya tulisanku yang masih acakadut :D

    semoga sukses sama kontesnya ^^

    BalasHapus
  13. situngeblog, sini juga hehehe. good luck mbak

    BalasHapus
  14. mba.... aku suka banget tulisanmu yang ini:"Curahkanlah bebanmu maka jiwamu akan tenang. Jika tak mampu, coretkanlah dalam kanvas atau garis tegas kalimat panjang maka engkau akan merasakan kelegaan."
    setuju banget!

    Bener, blogging adalah sebuah aktifitas positif yang harus terus ditumbuhkembangkan ya mba....

    keep writing, posting and let it be an online memories untuk anak cucu, pasti mereka bangga membacanya mba.... indah yaaa...

    sukses untuk kontesnya ya mba....

    ikutan ah...

    BalasHapus
  15. "catatan hidup dan introspeksi diri"

    jempol deh :)

    good luck kontesnya ya mba

    BalasHapus
  16. banyak hal yang bisa saya lakukan, bagikan dan dapatkan dengan ngeblog dan karenanya saya bersyukur bisa mengenal kegiatan ini.

    Semoga sukses di kontes, Mbak. Insya Allah.

    BalasHapus
  17. mbak ketty makin lama tulisannya makin bagus nihh...

    sukses kontesnya

    BalasHapus
  18. ngeblog bs jd sarana curhat jg ketika qt gak menemukan orang yang tepat untuk mendengar qt. dan respon dr pembaca yg kdg gak ketemu qt justru mbuat qt menemukan pendengar dr curhat qt :-)

    kontes ya mbak? hmm.. aq udh lama gak ikut beginian hehehe gud luck ya mbak :-)

    BalasHapus
  19. Blogging itu membuat kita mengetahui 'sedikit' ilmu di luar bidang keahlian kita... Dan itu bagus... contohnya buat anaknya Mbak... :-)

    BalasHapus
  20. ngeblog emnag menyenangkan yaaa
    kayaknya udah ketagihan nih

    BalasHapus
  21. Dija juga suka ngeblog

    buat investasi...

    BalasHapus
  22. Mari ngeblooooog ^^

    Gudlak ngontesnya ya mba ;)

    BalasHapus
  23. Dengan ngeblog saya jadi kenal sama Mbak, hehe..

    BalasHapus
  24. Blog adalah salah satu media informasi dan komunikasi dan inilah bukti dari semua itu

    BalasHapus
  25. Love bangetzz this queto "Curahkanlah bebanmu maka jiwamu akan tenang. Jika tak mampu, coretkanlah dalam kanvas atau garis tegas kalimat panjang maka engkau akan merasakan kelegaan."

    Jujur aku sendiri termasuk orang yang susah untuk menyatakan sesuatu, nah...blog ini t4 yang pas untuk ngeluarin uneg2 tanpa harus menyakiti...

    Salam kenal mba :)

    BalasHapus
  26. nice post gan...
    oya kalo boleh tukeran link ini link saya
    http://blog.umy.ac.id/ghea
    kalo sudah terpasang tolong dikabarin yah..
    terima kasih..

    BalasHapus
  27. memang banyak yang di dapat dari nge-blog ya Mbak ..

    Sukses kontesnya !

    BalasHapus
  28. ngeblog itu jg menjalin silaturrahim yg baik :)

    BalasHapus
  29. ayo ngeblog, sampai go blog..
    hehe berkunjung nih :D

    BalasHapus
  30. bener mbak...ngeblog banyak manfaatnya...dapat teman banyak, dapat ilmu yg bermanfaat, dapat hadiah.....senangnya

    BalasHapus
  31. kalau aku berpendapat,ngeblog itu bukans ekedar nulis aja tetapi bagaimana kita menyampaikan makna dari tulisan itu kepada readers supaya bermanfaat itu yang terpenting kan mba :)

    BalasHapus
  32. waaahh,, quotenya apik pisan bu...
    ""Curahkanlah bebanmu maka jiwamu akan tenang. Jika tak mampu, coretkanlah dalam kanvas atau garis tegas kalimat panjang maka engkau akan merasakan kelegaan.""
    saya ambil itu bu biar tetep semangat ngeblog.. :D

    Banyak sekali manfaat dari ngeblog, selain berbagi informasi, kita jg bisa menjalin silaturahmi.

    Sukses bu GA-nya

    BalasHapus
  33. Mbak, kalau saya nge-blog awalnya utk bisnis. Lama2 berkembang jadi hobi dan terakhir berkembang lagi pada harapan agar gak mudah jadi pikun. Iya, banyak pengalaman yg kita temukan saat nge-blog. Walau saya baru akhir-akhir ini saja rajin blog walking, membaca blog teman-teman, yang lebih muda atau lebih tua dari saya, membentuk menajamkan perspektif, memang kepala sema-sama berambut hitam, namun isinya beda-beda. Cerita2 mereka di blog menambah wawasan

    BalasHapus
  34. dengan ngeblog tambah ilmu tambah teman jangan sampai punya musuh ya mbak

    BalasHapus
  35. Ngeblog memang banyak memberikan manfaat ya mbak. Selain tentu saja dapat menuangkan apa yg kita ingin sampaikan lewat tulisan, kita juga dapat banyak teman, dapat banyak ilmu...

    Selamat berkontes mbak, semoga menang ya..?

    BalasHapus
  36. salah satu yang sudah saya dapat dari aktivitas ngeblog adalah; saya jadi lebih peka terhadap orang lain ataupun lingkungan sekitar karena sumber dari apa yang mau saya tulis datangnya dari itu2 juga, overall banyak lah keuntunganya. Salah satunya setelah membaca postingan ini saya jadi lebih termotivasi utk ttp semangat ngeblog. Hehe makasih mbak tulisanya dan sukses dgn kontesnya. Salam buat ade semoga bsa lekas sembuh total :))

    BalasHapus
  37. Mba, ada peer di blog aku tentang kisah kehamilan. Plis cekidot :D

    BalasHapus
  38. Suka banget kalimat ini, "Curahkanlah bebanmu maka jiwamu akan tenang. Jika tak mampu, coretkanlah dalam kanvas atau garis tegas kalimat panjang maka engkau akan merasakan kelegaan."

    Syukron sudah share Bu Nia. :-)

    BalasHapus
  39. Ternyata aku belum meninggalkan jejak ;)

    Mantap Kenia, semoga sucses ya...

    Yups, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ngeblog ini, mari kita lanjutkan...

    BalasHapus
  40. Ada yang lupa:
    Minyak But2 itu bisa didapat ditoko obat2 Herbal...

    BalasHapus
  41. kemarin waktu saya sakit dikasih propolis eeh bauny kok nggak enaakkk, tapi khasiatnya uennak.

    ngeblog, dengan itu saya bisa menjalin silaturrahim dan menambah wawasan

    BalasHapus
  42. wah.. nice post.... semoga sukses ya kontesnya... owh iya ditunggu follow backnya... salam kenal dari anak sul-sel.

    BalasHapus
  43. semoga semangat ngeblogmnya nular ke aku ya mbak hehhehe.... maaf baru bisa berkunjung ke sini...

    BalasHapus
  44. salam kenal ...

    setuju banget bahwa "Dunia ngeblog adalah dunia

    ekspresi".

    moga sukses kontesnya

    BalasHapus
  45. wah perjalanan ngeblognya keren...

    suka ma quotenya, ijin share ya mbak :D

    oh ya, salam kenal :D

    BalasHapus
  46. Banyak juga ya yang ikutan kontes ini.

    ayo nge-blog! go-blog!

    semoga menang :)

    BalasHapus
  47. iya mba..seperti yang pernah aku denger bahwa menulis itu menyembuhkan... :)

    apa kabar mba..? semoga sehat selalu ya...
    semoga sukses kontesnya...
    ditunggu jg di tempatku..lho..makasih.. :)

    BalasHapus
  48. Mbak... kok belum update lagi? Sibuk ya?

    BalasHapus
  49. kata guru saya jika kamu sedang ada masalah, Berceritalah kepada orang. Namun jika kamu tidak menemukan orang untuk bercerita

    ceritakanlah keluhanmu pada secarik kertas dan robeklah

    menulis akan menjadikan otak lebih fresh dan santai ya mbak

    sukses kontesnya

    BalasHapus
  50. Ngeblog emang sensasinya luar biasa yah Mba. Tapi mengenai menulis yang baik, hiks tulisan2 gw mah jauh dari bagus sepertinya :-(

    Sukses Jeng kontesnya ;-)

    BalasHapus
  51. Ibu juri datang...
    Hmm... sepertinya saya mesti perhatian juga nih sama kesehatan, jangan sebegitu mudahnya menenggak obat2an. Maklum, karena berada di sekitar obat2an, jadi sakit dikit, langsung minum obat deh... :D
    *curcol

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)