Kamis, 29 Desember 2011

Buah Makasar

buah makasar

Inilah buah makasar yang punya nama latin Brucea javanica (L.)Merr.

Asal muasal tanaman ini ada di teras rumah adalah sebagai pemberian dari salah seorang teman bapak mertua. Ditanam di tanah yang yang luasnya cuma sauprit (secuil), tanaman ini cepat tumbuh. Ia berdiri menjulang dengan gagah meski batang pohonnya ceking hihihihi. Seingat saya, tanaman ini ga begitu terurus. Paling hanya disirami saja ketika musim hujan mulai menurun. Tapi hebatnya, ia bisa bertahan dengan kondisi tanpa perawatan. Biji-bijinya yang berwarna kehitaman ketika mengering itu, akan jatuh berguguran di sekitar pohon induknya dan .. tra la la..muncullah bibit baru. Di sekitar..pekarangan yang sempit, bibit baru banyak bertebaran sampai-sampai dibuang karena bingung kebanyakan bibit buah makasar. Saya sangat takjub dengan tanaman ini, ia benar-benar bukan tanaman manja. Saya pikir-pikir, ini mungkin bisa jadi tanaman yang perlu ditanam di area gersang/tandus seperti gunung kidul..(mungkin saja ya)..


Beberapa minggu yang lalu, saya menikmati khasiat buah ini sebagai obat sakit perut. Saat itu, perut saya murus, diare ga mampet-mapet..dan campur mual-mual. Mual yang saya rasakan bukan seperti ibu hamil sebab sepertinya saya terkena maag hingga perih melilit. Berhubung berusaha menghindari obat-obatan, saya mencoba mengkonsumsi buah makasar. Alhamdulillah, setelah sehari tiga kali, diare saya berkurang. Perih juga ga begitu terasa tapi mualnya masih ada. 
Nah setelah menikmati pengobatan coba-coba ini, saya baca sumber di internet, ternyata oh ternyata..
Ibu hamil dan anak-anak dilarang minum ramuan tumbuhan obat buah makasar. Selain itu, buah makasar dikontraindikasikan pada penderita perdarahan saluran pencernaan, gastritis, penyakit hati dan penyakit ginjal berat.
Kalimat kedua bukanlah kondisi saya..tapi kalimat pertama, adalah saya banget..jadi saya harusnya tidak memakan buah ini ya???? tuink..tuink.. ah terlanjur ditelan..:) Bismillah saja ya..
Sumber yang saya peroleh secara lisan, memang buah tanaman ini dapat membantu mengurangi segala macam sakit pencernaan.  Lalu saya mencari sumber lain dan inilah penjelasannya:

 Buahnya bermanfaat sebagai obat:
  • Malaria
  • Disentri Amuba, Diare kronis akibat terinfeksi Trichomonas sp.
  • Keputihan
  • Wasir
  • Cacingan
  • Papiloma di pangkal tenggorokan, lambung , rektum, paru-paru, leher rahim dan kulit
Akar digunakan untuk pengobatan:
  • Malaria
  • Karacunan Makanan
  • Demam
Daun digunakan untuk mengatasi:
  • Sakit Pinggang
Tapi,...menurut sumber lain, 
Jangan menggunakan dosis secara berlebihan. Jika diminum, buah makasar dapat menstimulir saluran pencernaan dan menimbulkan gejala keracunan. Hal tersebut disebabkan oleh zat glikosida kosamine yang terkandung didalamnya. Dalam dosis kecil, buah makasar berkhasiat sebagai pencahar, memperlancar pengeluaran empedu ke usus (kolagoga), mencegah pembekuan darah dan memberantas cacing usus, sebaliknya pada dosis besar dapat menyebabkan keracunan akut. Tanda-tandanya ditunjukkan dengan lambatnya proses pernapasan, tungkai lumpuh, muntah, diare dan koma yang akhirnya bisa menimbulkan kematian. Jika keracunan kronis terjadi dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.
Buah ini cukup pahit..ehm maaf..sangat pahit. Saya memakannya dengan menenggak bagian daging buahnya yang sangat mungil. Biasanya untuk mengupas kulit ari dan kulit keras buah ini, cukup dikeprek dengan sendok kecil/sendok makan. Ambil bagian yang berwarna kuning/putih terang. Jika tidak berani menenggaknya seketika, bisa dimasukkan ke dalam kapsul kosong dan ..diminum deh.. 
Dulu, pernah langsung memakan buah makasar yang berwarna hitam itu,..ups ternyata tidak efektif..tidak dicerna oleh usus kita. 

Di luar negeri, ramuan obat ini sudah dibuat dalam bentuk kapsul, obat cair dan obat suntik. Ramuan ini dapat digunakanuntuk mengobati penyakit kanker. Pengobatannya dilakukan dengan meminum cairan emulsi, menggunakan injeksi atau menggunakan cairan emulsi yang dilarutkan ke dalam cairan infus. Pada kanker serviks dan payudara, biasanya diberikan injeksi lokal, sedangkan pada tumor saluran cerna dan paru-paru diberikan injeksi intramuskuler.
Buah makasar merupakan antiseptik kuat dan amuba, mikro organisme penyebab malaria, parasit di rongga usus dan mikroorganisme penyebab infeksi di liang senggama (vagina)
Sumber yang dapat membantu:
*(Sumber: Atlas Tumbuhan Obat Ind./Dr. Setiawan Dalimartha/HD, dari: http://jacksite.wordpress.com,  Kategori Kesehatan, Alternatif)
*http://suryadhie.blogspot.com/2007/09/obat-herbal-buah-makassar.html 
*http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=208

21 komentar:

  1. wah baru tau saya manfaat dari buah ini,,,, kebetulan saya tinggal di sekitaer kota makassar namanya kota maros,, dan klo di sekitar rumah saya buah ini biasa disebut dengan nama " Pasui' "... waktu kecil dulu saya senang sekali makan buah ni, soalnya banyak tumbuh di blkg rmh saya.... wah nice info mbak.....

    BalasHapus
  2. itu manfaatnya banyak ya mbak, meski buahnya kecil.

    BalasHapus
  3. mksdx buah yg berasal dr makasar ya..??, soalx aq org makassar *smile

    thx infox ya...

    BalasHapus
  4. sekilas mirip anggur yaa mbak.. dhe belum pernah makan buah makassar, liat buahnya aja belum.. tapi kalo kata mbak ketty rasanya pahit, hehe dhe cukup tau saja dan tidak tertarik untuk mencoba.. :D

    BalasHapus
  5. baru tau nih ttg buah itu .... makasih ya mbak.... infonya

    BalasHapus
  6. saya juga baru tahu tentang buah ini. Belum pernah liat buahnya juga.

    BalasHapus
  7. huaduh mbak, tapi mudha mudahan gak kenapa kenapa deh..

    saya baru denger dan baru liat ki mbak

    tapi yo kebanyakan emang gitu ya, kita belum tau, orang luar negeri udah bikin penelitian dan malah sudah menghasilkan sesuatu dari pohon atau buah asli indonesia,..

    liburan yo mbak???

    selamat liburan!!

    BalasHapus
  8. mba.... makasih banget postingannya ya.... hebat juga nih pohon ya mba... bisa survive tanpa perawatan khusus. Manfaatnya juga banyak ya... untung dirimu ga pa2 setelah memakan buahnya ya mba... malah menjadi lebih baik ya...

    Have a great week end ya mba.... jaga kesehatan. :-)

    BalasHapus
  9. Subhanallah.. Allah tidak akan menciptakan sesuatu tanpa manfaat :)

    makasih postingannya yak

    BalasHapus
  10. Namanya buah makasar tetapi nama latinnya javanica :)

    BalasHapus
  11. bentuknya kyk anggur ya. tks ya mbak..jadi tau fungsi buah ini.

    BalasHapus
  12. ada ya nama buah makasar, jangan2 ada di sekitar rumah ..

    BalasHapus
  13. Baru tau ada buah makassar.
    Pahit? Hleee...

    BalasHapus
  14. kenapa namanya buah Makasar? apa memang aslinya dari Makasar???

    ternyata banyak ya manfaatnya, tapi sepertinya masih belum ada yg menentukan kadar aman untuk mengkonsumsi buah tersebut.

    Mbak Ketty lagi hamil??? hwewww.. :D

    BalasHapus
  15. Baru kali ini lihat ;)

    Manfaatnya banyak ya, tapi tetap harus memperhatikan kontraindikasi...

    TFS yaaa...

    BalasHapus
  16. baru tau ada namanya buah makasar

    BalasHapus
  17. Postingan yang menarik...
    Saya jarang tahu tentang obat-obatan yang herbal begini. Selain itu saya belum pernah ketemu yang namanya Buah Makasar.
    Kayaknya saya juga baru BW ke sini lagi...

    BalasHapus
  18. manfaatnya luar biasa ya mbak. baru tahu nih setelah main ke blog mbak..makasih yaaa...

    BalasHapus
  19. bener bener baru tau

    baru lihat juga bentuknya kayak apa

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)