Sabtu, 24 Desember 2011

Kisah Kehamilan Ketiga (3K)

Alhamdulillah,..malam ini punya kekuatan untuk ngeblog.
Hampir akhir bulan desember dan juga hampir akhir tahun, ternyata saya meninggalkan blog ini terlalu lama.
Malam ini, malam yang kesekian saya beristirahat. Rindu sekali! Ada banyak ide yang ingin ditulis tapi tubuh menginginkan sebaliknya. 

Ada banyak hutang yang harus saya lunasi. Juga beberapa postingan yang harus saya ceritakan, salah satunya amanat dari Jeng Dewi Fatma "tentang cerita kehamilan". (Maaf ya Jeng, baru sempat..) 
Ya, saya absen beberapa minggu juga karena sakit selama hamil.
Ini adalah kehamilan ketiga. Memasuki minggu ke-18. Trimester pertama sudah lewat namun banyak yang terjadi dalam tubuh saya. Awal desember kemarin, lambung saya sangat sulit diajak bekerja sama. Bukan karena nightsickness (mabuk malam hari) tapi karena banyak gas di lambung. Saya sering mual dan tak nyaman mengkonsumsi makanan, khususnya yang sedikit asam dan sedikit pedas. Bahkan susu saja dapat membuat saya tutup hidung dan tak jadi meminumnya.

Lalu setelah kesulitan makan saya alami, maag saya menjadi-jadi. Perih lambung menghantui hari-hari. Tak ada yang enak di lidah dan lambung. Sedikit makanan bersantan saja bisa membuat perut saya perih luar biasa. Setelah bertahan selama seminggu dengan obat alami plus makanan lunak, akhirnya saya ke dokter. Beliau hanya memberi obat anti mual sebelum makan. Alhamdulillah, saya dapat menikmati makanan rumah. Seneng rasanya hidup kembali normal secara bertahap. Meski masih tersisa lemas dan lemah akibat asumsi non bergizi, setidaknya perih pada lambung sudah terkurangi.
Namun semua hanya sebentar. Beberapa hari kemudian, saya memberanikan pergi keluar kota bersama keluarga. Rencana lama ini memang sudah terjadwal. Perjalanan jauh dan lelah mengganggu pola makan saya kembali. Setiba di rumah, tamu datang silih berganti. Saya pun mulai kelelahan. Hingga akhirnya seminggu yang lalu, penyakit yang saya takuti datang menghampiri. Cacar air!

Penyakit ini memang sebaiknya tidak mengenai ibu hamil. Tapi rupanya kekebalan tubuh saya sudah sangat menurun. Saya benar-benar lunglai. Pekerjaan rumah terbengkalai. Untuk sementara, anak-anak berada jauh dari saya. Meski masih serumah, saya berusaha tidak terlalu berinteraksi dengan mereka. Vitamin dan antibiotik menjadi teman saya. Antibiotik memang tidak seharusnya saya konsumsi, tapi dokter umum jaga yang kebetulan saya temui di malam senin tampaknya kawatir dengan kondisi saya. 
Selama beberapa hari, saya lebih memilih tiduran setelah urusan rumah selesai. Saya lemas dan mudah capai. Tidur, makan bergizi dan vitamin benar-benar mempercepat penyembuhan.
Alhamdulillah, anak-anak dan suami tidak terkena virus cacar ini.

Jauh di lubuk hati saya, ada kuatir ketika cacar air mengenai saya. Ini bahaya. Terutama buat keselamatan dan perkembangan janin saya. Ya Allah, semoga kami berdua dalam keadaan baik. Dan semoga janin saya normal dan tidak kekurangan satu apapun. Amin

Kini setelah seminggu berlalu, saya terkena radang tenggorokan. Suami yang kelelahan mengasuh si kecil karena terpaksa berjauhan dari saya, harus bergadang siang malam. Staminanya menurun, hingga terkena flu berat. Sekarang, saya ganti terkena flu juga. Ah, penyakit..Ketika hamil ketiga, memang badan saya tak sekuat dulu. Saya harusnya sadar ketika sinyal lelah itu mulai menyapa tubuh.

Semoga teman-teman semua selalu diberi kesehatan. Iklim dan cuaca yang mudah berubah memang menjadi salah satu pendukung munculnya penyakit namun, kondisi tak prima juga lebih memacunya.

14 komentar:

  1. semoga cepet baikan ya mba, semoga segala sakit yg dirasakan segera pergi, n tabah menerima ujian ini.
    sehat2 selalu ya mba, amin3x...

    BalasHapus
  2. Wahhh... Kena cacar pas hamil.
    Adikku dulu abis lahir, sebulan kemudian kena cacar @_@

    BalasHapus
  3. astagfirullah kenapa bisa bertubi tubi gini. semoga cepat sembuh ya bu, antibiotiknya diminum teratur karna kalo gak nanti timbul resistensi

    BalasHapus
  4. Semoga Kak Ketty diberi kesehatan dan si kecil didalam rahim Mbak juga di beri kesehatan

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, saya normal mbak. kalo ga test mungkin malah ga tahu kalo sudah ada isinya hehe

    BalasHapus
  6. oh... sedang hamil toh.... wah, selamat ya mba, saya baru tau nih... semoga cepat pulih kembali mba.... banyak istirahat lho....

    BalasHapus
  7. semoga diberi kesehatan ya, mba ketty...
    memang sakit biasanya karena faktor kelelahan jg,alhamdulillah anak2 mba ga kena cacar jg. syafakillah. aamiin :)

    BalasHapus
  8. Semoga selalu sehat ya Mbak ..
    Adik ipar saya juga pernah kena cacar air saat hamil, tapi Alhamdulillah bayinya sehat2 aja.

    BalasHapus
  9. Mba, gimana cacarnya? Udah sembuh kah? Semoga dikau & jabang beibeh sehat selalu yaaaa

    Btw pas ekye ngelahirin Zahia ga IMD karena kan caesar terus Zahia prematur jadi cepet2 dibawa ke SCN (Special Care Nursery). Pas Zafira ga IMD juga karena lagi2 dimasukkin ke SCN karena grunting cry :-(

    BalasHapus
  10. mbakku sayang..peluk-peluk...
    tak tahu kalo dirimu sedang sakit cacar mbak...syafakillah tapi ga papa kan ke bayi nya? semoga lekas sembuh...aku ingin memberikan hadiah tahun baru tapi apa yaaa? baju hamil lucu kali yaaa?

    BalasHapus
  11. Maaf ya baru baca ini, baru tahu jadinya kalau sempat kena cantik. Semoga ini pertanda bahwa anak ke3 ini adalah seorang perempuan. Jangan khawatir pada teori, karena fakta justru mengatakan tak apa2, senyuuummm ;)

    Insya Allah si DD akan baik2 saja ya...
    Iya rentan terkena pada orang yg immunnya sedang turun, dulu aku kena cacar yang ke 2 juga saat menyusui dan kecapean banget2, drop.

    Selanjutnya jaga kesehatan ya, minum suplement, madu juga boleh ; )

    BalasHapus
  12. duh kasian ibu hamil kena serangan cacar air..
    semoga sehat terus ya mba..

    BalasHapus
  13. mbak ketty skrg udah sembuh? moga si dd baik2 saja.

    BalasHapus
  14. Skrg mah udah sehat kan mba? semoga besok2 tetap sehat hingga melahirkan nanti ya.. Aamiin

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)