Minggu, 01 Januari 2012

Internet, Pembangkit Semangat dan Pembangun Mimpi.

Saya mengenal internet sekitar tahun 2000. Saat itu menjejaki lingkungan warung internet adalah kesukaan. Semacam hobi yang tak ingin dilewatkan. Sayang sekali, untuk sebuah akses, saya harus membayar nilai yang cukup mahal. Harganya hampir sebanding dengan tiga kali makan sebungkus nasi rames. Tapi diukur dengan nilai informasi yang diperoleh, jelas saja, tak ada bandingannya.
Di tahun berikutnya, internet menjadi penghubung yang baik bagi silahturahmi dengan kakak saya yang bersekolah di negeri Sakura. Komunikasi jarak jauh itu sangat terbantu dengan bantuan internet. Kakak tidak merasa terasingkan dan tetap "feel closer with his family".
Lalu ketika genderang nilai sewa jasa internet semakin murah, saya mendapatkan kemudahan untuk mengakses internet di lingkungan kampus. Internet masuk kampus memang sangat dinanti. Persaingan antara perpustakaan dengan dunia internet pun semakin menjadi. Meski untuk menulis sebuah karya skripsi, saya cenderung memanfaatkan informasi manual, "buku", internet tetap sebagai pendamping untuk menambah wawasan dalam melengkapi tugas kuliah.

Tiga tahun lalu ketika internet menjelajah lingkup rumah tangga, saya justru tidak memanfaatkannya secara maksimal. Telkom Speedy yang menjadi langganan mertua seharusnya membantu saya menjadi pengganti toko buku yang cukup langka di kota. Namun akses yang saya lakukan justru jarang. Hanya sesekali mencari informasi tentang kehamilan, pertumbuhan anak dan resep makanan. Selebihnya saya cenderung jenuh dengan internet. Ah saya yang memang belum mengerti manfaat besar di balik internet. Harusnya saya bersyukur dibandingkan mereka yang tak mudah mendapatkan layanan ini.

Kebingungan itu tiba-tiba lenyap ketika setahun kemarin saya kembali menjajal keinginan untuk mengakses dengan kontinyu dunia lain melalui internet. Porsi aktivitas yang belum terlalu sibuk disertai pendapatan keluarga yang sedang bermasalah, membuat saya mempunyai waktu luang untuk mencari informasi pekerjaan dan sumber penghasilan melalui media ini. Saya ingin bekerja, membantu suami tanpa harus keluar rumah dan meninggalkan keluarga. Saya pun mencari informasi yang pas untuk kemampuan dan ketrampilan saya. Ternyata dunia saya adalah satu, menulis. Ya saya lebih cocok jika berkutat dengan tulisan. Bermain dengan kata-kata adalah hal yang menarik ditambah dengan bumbu pengetahuan yang saya peroleh dari dunia maya maka lengkaplah isi tulisan itu.

Kini setelah saya akhirnya berkecimpung dalam dunia blog dan aktif mengisinya setiap bulan, saya semakin merasa bahwa mengasah tulisan itu memang perlu latihan. Di blog-lah saya berlatih dan terus berlatih secara mandiri. Blog membuat saya percaya diri untuk mulai mengajukan tulisan saya dalam beberapa lomba naskah antologi yang juga diadakan lewat dunia maya. Sungguh, tak dapat diduga bahwa internet dapat mengubah hidup saya.

Empat bulan yang lalu saya pun memberanikan diri untuk menerima tantangan menulis buku pertanian. Saya menggarapnya selama tiga bulan. Internet membantu saya dalam melengkapi data dan informasi. Semakin banyak yang saya akses, semakin banyak hal saya ketahui. Insya Allah jika buku itu terbit, akan menambah wawasan bagi para pembacanya.
Lalu sebulan yang lalu, saya kembali menerima tantangan untuk membuat cerita anak negeri Vietnam.

Tak mudah jika tak mencoba

Sungguh jika bukan karena bantuan informasi dari media internet, saya pasti sudah menyerah dengan tantangan ini. Sebab semua sumber saya peroleh dari internet. Akses super cepat yang saya jalani ikut memudahkan kerja saya. Alhamdulillah. Kini pekerjaan saya sudah mencapai 60%.

Menjelang akhir tahun kemarin, saya berpikir ulang. Dunia saya yang lalu, ternyata bergerak dengan cepat. Hal ini baru saya sadari setelah beberapa minggu yang lalu, saya kembali menemukan ide. Ide dan gagasan tema itu justru muncul ketika saya sedang beristirahat dari keasyikan internet akibat sakit. Ya, saya mendapat peluang untuk mengirim tulisan ke media cetak lokal dengan bahan-bahan bersumber dari internet. Pengalaman menulis buku yang pernah saya lakukan, memprakarsai ide ini. Jujur saya rasakan, banyak hal yang saya ketahui setelah berkecimpung dan aktif menggali informasi dari media internet. Rasanya perasaan saya pun akan sama dengan orang lain jika mereka berhasil mendapat pengetahuan baru yang saya bagi. Ya berbagi ilmu pengetahuan! Pembaca senang, saya pun demikian.

Berawal dari ini semua, saya pun membuat resolusi untuk tahun depan dengan semakin aktif menulis di media blog juga harus berhasil membuat tulisan untuk tembus di media cetak lokal. Belajar mengolah ide dan merangkai kalimat menjadi berita yang menarik dan mudah dipahami pembaca. Ini memang tak mudah karena saya harus rajin berselancar. Namun saya yakin setelah ada teknologi internet, rasanya saya tak boleh membiarkan kemudahan di sekitar saya terlewati lagi dengan percuma.

Jika dulu saya sibuk mencari bahan bacaan dari internet maka saatnya bersiap membuat bahan bacaan yang bersumber dari internet. Sumber pengetahuan bagi saya juga orang lain. Mari berkontribusi demi kemajuan bangsa mandiri!

"Dunia itu kaya dan luas..jika kita sanggup menggenggamnya dengan sempurna dan memanfaatkan peluang yang menghampiri"





39 komentar:

  1. mantap postingannya mbak, aku juga mau ikutan ah :) mudah2an sempat

    BalasHapus
  2. semangat mbak!
    semoga resolusinya terwujud dtahun ini..
    gud luck ya mbak..
    rasa2nya pengen ikut tp.. #nelangsa

    BalasHapus
  3. keren.... semoga resolusinya tercapai dengan baik ya mba.... semangat... let's rock the virtual world, and bring them to the real world. :-)

    BalasHapus
  4. Keren, gudlak ya...

    Jadi ingin ikutan, semoga sempat ;)

    BalasHapus
  5. Semoga menang~
    Wah tahun 2000 ya mengenal internet ^^ sama dong hihi~ :D

    BalasHapus
  6. Met tahun baru sobatku... smoga harapan2 baik kita ditahun ini akan tercapai.amin
    wah, lg ikutan lomba ya, semoga menang ya...

    oya, ada award spesial utkmu dr Penghuni60 mohon dpt diambil dan diterima ya...
    :D

    BalasHapus
  7. Jadi resolusinya adalah semakin aktif di dunia blog, ya?
    Semoga sukses, Mbak...

    BalasHapus
  8. hmmmm... penasaran dengan Cerita Anak Negeri Vietnamnya :D

    semoga makin sukses di 2012 inii... :D

    BalasHapus
  9. hmm....tulisan ini pun juga merupakan ide buatku :)

    BalasHapus
  10. aku kenal internet mungkin hampir sama beda tipis kira2 tahun 2001 aku kenal & iseng2 cari tahu tentang seluk beluk internet

    BalasHapus
  11. akan sangat berguna jika mampu memanfaatkannya ya mbak...maju terus mbak..

    BalasHapus
  12. saya cuma bisa support dsni mba..
    semoga dapet yang terbaik ya buat lombanya...
    salam kenal
    ditunggu kunjungan baliknya sobat
    happy blogging, :)

    BalasHapus
  13. bisa ditebak, pasti untuk kuis,
    benera rupanya

    semoga menang!!!!

    BalasHapus
  14. amiin amiiiin

    semoga menang ya Tante

    BalasHapus
  15. saya juga ikutan mbak , sukses mbak :)

    BalasHapus
  16. semoga sukses... Lam kenal ya...

    BalasHapus
  17. salam sahabat
    jadi semakin tahu latar belakng internet ala mbak Ketty nich hehehe
    oh iya blog yang dunia dapur udah saya follow namun komen gagal terus xixi

    BalasHapus
  18. Dengan kemudahan internet yg kita dapatkan moga bisa di manfaatkan untuk hal ya positif ya bu :)

    Moga sukses ngontesnya yaaa

    BalasHapus
  19. saya mengenal internet cukup lama,tetapi ngblog baru 2 tahunan ini membuat postingan,smoga sukses ya resolusinya di tahun ini

    BalasHapus
  20. eh ada kontes lagi niih.. hadiahnya pasti lumayan.. mmm.. soal internet, pertama kali kenal juga pas SMP taun 90an gitu, jamannya warnet masih jadi barang ekslusif.. dan semenjak sekarang punya koneksi sendiri, jadi makin sering make juga. tiap hari daah

    BalasHapus
  21. datang pagi2 kesini ingin meminta maaf, karena kealpaanku maka namamu gak tercantum di Flash Quiz, tp skrg udh aku ralat sob, km terdaftar skrg...
    skali lg maaf ya...
    ^_^

    BalasHapus
  22. Semoga resolusinya bisa terwujud ya Mbak...kontesnya juga sukses.

    Oia, sekalian menghantarkan award semoga berkenan untuk menerimanya http://kidungkinanthi.blogspot.com/2012/01/award-berantai-your-blog-makes-us-smile_03.html

    BalasHapus
  23. Eh ternyata Om Speedy. :D

    Manteb, saya berharap harga Telkom SPeedy semakin murah. Hehe...

    BalasHapus
  24. ternyata mbak husnia sudah begitu malang melintang ya di dunia kepenulisan yg tentunya sudah mengenyam banyak pengalaman. Sukses ya dengan resolusinya :)

    BalasHapus
  25. Walau tidak sedikit efek negatifnya. Internet akan memberikan kita banyak kemudahan. Semoga kita semua bisa berinternet dgn cerdas dan menekan efek negatifnya. Nice posting, lam kenal.

    BalasHapus
  26. sepkat sma komen anak rantau. seklipun tidak sedikit efek negatifnya, tp tdk ada yg bisa memungkiri klo informasi jdi sangat mudah krena internet. yahh.. dunia tak selebar matamu.. selebar monitormu sayaaangg... :)

    BalasHapus
  27. mbak ketty, selamat ada banyak buku yang sedang mengantri terbit yah?:)

    BalasHapus
  28. dg internet kita bisa saling kenal ^^
    suskes ya kontesnya
    salam

    BalasHapus
  29. mbak info kontes ini ada dimana sech pengen ikutan tp ngga mudeng sm peraturannya.......

    sukses utk kontesnya yachh

    BalasHapus
  30. wah lomba lagi toh. moga sukses ya...

    BalasHapus
  31. apa kabar bu? semoga selalu sehat,,
    2 mingguan untuk mengembalikan kondisi tubuh biar sehat, tentunya banyak info2 menarik yang terlewatkan.

    Ini buat lomba juga ya? keren tulisannya.
    Saya baru main internet malahan sekitar tahun 2006 :D

    Smoga menang bu

    BalasHapus
  32. @ Mbak Nia: lombanya ada di http://telkomspeedy.com/news-events?page=4
    monggo dicoba mbak..:)

    BalasHapus
  33. @Mbak Nia: di halaman itu ada judul "Lomba Resolusi Juara 2012" ..semua peraturan ada disana..:)

    BalasHapus
  34. ada lomba lagi mbak...?
    selamat ya.. semoga beruntung

    BalasHapus
  35. jd inget awalnya aku kenal internet dulu itu... ngeliat halaman awal yahoo aja udah berasa keren gitu.. hehehe..

    sukses dgn lombanya ya mbak Kenia :-D

    BalasHapus
  36. Semoga meang dalam lombanya Mba. Dan saya sudah merasakan hasilnya. He....x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  37. perjalanan yang menarik dalam mengenal internet, dan dengan itu resolusinya kedepannya menjadi menarik dan tambah semangat dalam upaya berbagi.
    Selamat berlomba mbak

    BalasHapus
  38. wah, lomba lagi nih, ikutan atas!


    Dari purwokerto yah?
    Q dari banjarnegara (siapa yang tanya)

    BalasHapus
  39. mba tulisannya baguuuus, aq pengen deh bisa nulis yang berguna seperti ini, ikutan kontes2, semoga menang ya mbaaaa

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)