Kamis, 05 Januari 2012

nasi minded


www.thaitable.com


Catatan ini sekedar cuplikan dari obrolan singkat yang terus berulang-ulang terjadi.. antara saya dan suami.
Terinspirasi dari sebuah halaman rubrik di majalah Intisari yang terbaru (edisi Januari 2012)..buat yang sudah baca..ga apa-apa ya, saya mengulasnya..:)

Ini tentang "nasi minded"

Suami saya seringkali mengingatkan, bahwa tubuh tak harus   selalu mengkonsumsi nasi sebagai pengganjal energi. "Karbohidrat bisa diperoleh dari jenis makanan lainnya" begitu ujarnya.
Jujur saya belum bisa menyetujuinya. Obrolan ini pun kadang menjadi sebuah percakapan panjang tatkala kolom di koran nasional mengangkat masalah itu kembali di meja makan kami. Bahkan ketika menyaksikan siaran  berita dari televisi pun, topik ini membuat saya kembali harus mempertimbangkan ucapannya..!

Dan di hari ini, saya kembali ditegur oleh sebuah rubrik singkat tentang topik yang sama yang berulang-ulang kerap saya temui. 
 "Kurangi Ketergantungan Terhadap Nasi"
Rupanya nasi minded memang harus dirubah.. saya tak ingin menyalahkan petani yang masih giat menanam padi di lahannya. Namun saya hanya menyalahkan diri saya yang terlalu tergantung kepada nasi sebagai bahan pengenyang utama. Nek urung maem nasi iku durung maem jenenge..hehhe itulah yang terdengar di telinga saya baru saja dari bibir ibu mertua  juga bibir mama saya (setiap saat).
Lalu saya pun mulai mengikuti jejak mereka..pikiran saya mentok kepada nasi dan nasi..
Namun suatu ketika..secara tak sengaja, saya mengobrol ringan dengan papa. Obrolan yang tak jauh dari makan dan susahnya memberi makan kepada anak kecil.
iseng saya berujar:
"Anak kecil itu memiliki ukuran/takaran makan yang dapat disesuaikan dengan ukuran telapak tangannya. Untuk mengetahui takarannya, taruhlah nasi/roti di genggamannya maka segitulah porsi makannya. Demikian juga dengan sayuran ataupun lauk seperti tahu, tempe, ikan dan daging"
 Cuplikan di atas tidak sengaja saya temukan dari sebuah majalah parenting (kalo ga salah..berarti benar hihii)
Papa saya kaget.." O begitu ya? kalo begitu jika semua orang menerapkan pola makan yang seperti di atas, kita ga perlu banyak makan donk..! seru papa saya. Hmmm...iya betul sekali itu!
Tapi..kalo orang dulu.. (maksudnya pas zaman papa saya), setelah makan nasi/telo/pisang rebus ya sudah ga makan cemilan kayak snack-snack yang berjamur seperti jaman sekarang .. jadi mereka makan terus bekerja dan istirahat. Saat siang, makan berat, istirahat lalu bekerja lagi. Malam pun setelah makan berat lalu istirahat.
Ngemil itu sepertinya tak ada..jadi makanan yang dikonsumsi yah makanan berat.
Lalu apa hubungannya dengan nasi minded??
Ya....akhirnya orang jadi terbiasa makan yang harus mengenyangkan karena kehidupan ekonomi yang hanya sanggup menyediakan beras dan kenyang itu membuat kita bisa tidur nyenyak dan bekerja giat.

Ah saya masih ingat..bahwa pada zamannya Mr Soeharto..beras itu menjadi suatu kebanggan. Ayo laksanakan swasembada beras..! Akhirnya semua petani menjadi tidak kreatif. Jenis yang ditanam sama, pupuknya juga begitu..tanah pun menjadi lelah karena dipaksa menghasilkan beras secara besar-besaran..ah sungguh kasihan..Yang lebih kasihan..jenis umbi-umbian menjadi tersingkirkan karena beras menjadi makanan pokok..jagung dan sagu yang menjadi makanan pokok di beberapa daerah..terlupakan. Ah kasihan!

Kini,..sumber makanan pokok selain beras itu coba dilirik dan diangkat lagi ke meja makan. Dihidangkan dengan berbagai polesan agar menarik di pasaran dan juga di etalase. Nasi minded?? rasanya memang harus saya kurangi porsinya sedikit demi sedikit..agar pemerintah tak perlu mengimpor beras demi alasan kebutuhan rakyatnya..

19 komentar:

  1. Untuk mengubah perlahan-lahan, sedikit demi sedikit Insya Allah bisa. Tapi bukan berarti kita mengganti 100% nasi ke makanan lain, karena itu sangat sulit banget.

    Kalau saya jujur, masih belum bisa pindah ke lain hati, eh ke lain nasi hehehe
    Meskipun bisa bertahan dua hari tanpa makan nasi diganti dengan makanan pokok lainnya. Kayak roti, lauk juga sayuran

    BalasHapus
  2. kalo saya udah lama ga nasi minded mba.... kalo ga ada nasi, ya roti, jagung, atau makanan lain yang available aja...

    tapi banyak kok di sekeliling kita yang masih nasi minded, kalo belum kena nasi, walau udah makan bubur ayam sekalipun, masih nyari nasi juga (itu teman saya banget, ngelirik dia nih... hihi).

    So you are not alone lho mba.., tapi udah bisa dimulai lho mba.... kalo domisili di luar negeri yang harga berasnya mahal, kan susah itu mba... :-)

    BalasHapus
  3. Gue malah sering ngemil.. Gak pernah makan.. Paling2 cuma sehari ato dua hari sekali.. Kasihan

    BalasHapus
  4. hihi.. kalau saya masih nasi minded. soalnya bener tu "Nek urung maem nasi iku durung maem jenenge.." buatku.. hehe..

    tapi sejak anak sudah mulai susah makan, jadi pola nasi minded itu aku rubah dengan roti atau pasta macaroni. abis klo ttp nasi minded anakku ga makan dong.. hiks.. :)

    BalasHapus
  5. sama-sama nasi dan mengandung karbohidrat and sama" ngenyangin :D

    di tunggu kunjungan baliknya ke http://century21.co.id

    BalasHapus
  6. perut orang Indoensia yaa mbak, kalo belom makan nasi yaa belom makan namanya, hehe.. tapi kalo gk makan nasi yaa susah, makan lontong atau bubur ayam, sumber utamanya sama2 beras.. nah lho.. :D

    BalasHapus
  7. Saya kalo malam dibiasakan tidak makan nasi mba, diganti ubi2an ituh, atw rebusan sayur, atw buah aja, bukan krn diet coz suami jg menunya sama (pdhl dia kan kurus :p) tapi mencoba tidak tergantung dg nasi itu sedikit2 heuheu

    BalasHapus
  8. iya nih saya juga pengen deh mencoba ga selalu makan nasi...juga intinya mengurangi karbohidrat...lagi diet nih mbak,,ceritanya.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ... saya sekarang juga mulai mengurangi nasi mindednya .... hanya 1 kali sehari saja yaitu hanya makan siang aja.

    BalasHapus
  10. Setelan perut kita memang sudah terbiasa dengan nasi, untuk membiasakan diri dengan bahan pangan lainnya perlu belajar sedikit demi sedikit. Coba aja kita hitung sudah berapa tahun kita makan nasi, dan berapa banyak kita makan bahan lain selain nasi. Pastinya porsinya gak seimbang.

    BalasHapus
  11. untungnya koq saya nggak terpaku sama nasi ya, apa aja yang ada bisa dimakan koq.

    bahkan pernah beberapa hari nggak makan nasi, makan mie goreng, roti, gorengan, pasta.. hmmm dan masih sehat-sehat aja.

    mungkin karena anekdot orang indonesia kalo belom makan nasi berarti belum makan kali ya

    BalasHapus
  12. Nasi kudu, walau dalam parsi kecil. Itu aku :)
    Dan pada anak2 kuterapkan juga, jadi kalu sarapan, boleh makan apa aja tapi tetep makan nasi, 2-3 sendok aja gpp, heheee... termasuk nasi minded apa nasi maniak kah aku?

    OOT:Keluargaku banyak yang bisa membekam, kakak ipar 2 orang, adik ipar 1, Mbak Endangku juga bisa. Di Palembang mudah dapat orang untuk membekam. Kalau di Lampung tempat Papaku masih sulit.

    Aku juga bisa membekam. Dan sejak aku bisa membekam. Pasien tetapku, suami dan Mamaku. Dan kemaren untuk pertamakalinya Papa yang aku bekam.

    BalasHapus
  13. kalo saya menganggap nasi adalah makanan yg di yakini bsa memberi tenaga buat bekerja seharian. khususnya ketika harus makan sahur nasi adalah menu yg sepertinya sudah di wajibkan :)

    BalasHapus
  14. kalau g nasi saya g pernah puas. hahahahaha

    BalasHapus
  15. Betul sekali mbak. Saya aja kayanya belum sreg kalau belum makan nasi, meski udah makan lontong atau mie misalnya :D
    Mungkin paradigma ini sedikit demi sedikit harus dirubah ya, dan itu harus dimulai sedini mungkin.

    BalasHapus
  16. Wah,,aku banget nih 'nasi minded'..
    Padahal berulang kali dokter menyarankan utk mengurangi nasi karena udah overweight jadinya disarankan diet karbo.. Tapi kok ya ga bisa, tiap kali mengurangi nasi, eh malah porsi ngemilnya kebanyakan.. *lho kok malah curhat* hehe..

    Sekarang beras makin mahal, sedikit demi sedikit memang harus beralih ke makanan pokok yg lain. Kebanyakan nasi juga tidak bagus buat kesehatan :)

    BalasHapus
  17. nasi sudah menjadi makanan poko masyarakat Indonesia, jadi kalau belum makan nasi kayanya belum makan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  18. ahaaaaiiii... saya banget. nasi minded. walaupun sudah direncanakan tidak makan malam, tetep saja GAGAL.

    klo belum makan nasi rasanya blm puas.

    BalasHapus
  19. Saya mulai mengganti nasi dengan kentang. Jadi nasi saya kurangi, saya ganti dengan kentang. :)

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)