Selasa, 03 Maret 2015

Membuat Bubuk Biji Alpukat

 Buat pembaca yang tertarik ingin membuat smoothie biji alpukat, dapat mengawali mengolah biji alpukat menjadi bubuk biji alpukat. Caranya mudah koq!

bij alpukat yang siap dihaluskan dengan chopper
  1.   Bersihkan 2-3 biji alpukat dengan air bersih lalu iris tipis.
  2.  Jemur di bawah sinar yang matahari bersinar terik. Pengeringan alami akan mengurangi tumbuhnya jamur.
  3. Jika tidak ada matahari atau langit sedang berawan seperti saat ini maka irisan dapat disangrai atau dioven. Jika kondisinya tidak memungkinkan semua maka bisa langsung dihaluskan tapi bubuk yang sudah jadi harus sering dijemur dan diangin-anginkan ya.
  4. Selanjutnya siapkan chopper sebagai penghalus. Sebaiknya sedikit demi sedikit irisan biji dihaluskan. Sisihkan dan ayak. Bagian yang masih kasar dapat dihaluskan kembali.
Simpan bubuk ini di tempat yang kering dan tidak mudah dimasuki serangga.      
bubuk biji alpukat yang siap digunakan
   Mudah kan cara membuatnya. Cara ini juga termuat di Ummi Online lo khusus artikel kesehatan. Setelah memeroleh bubuk biji alpukat, pembaca dapat mengolahnya menjadi smoothie sehat. Yakni mencampur bubuk biji alpukat dengan buah segar seperti pisang, apel, nanas dan jeruk nipis plus madu. Buah yang dipilih sebaiknya yang mengandung rasa manis. Tujuannya agar rasa pahit yang terkandung dalam bubuk biji alpukat dapat berkurang. Ehm.. jangan kaget ya saat mencicipi minuman ini akan terasa pahit enak. Pahit - sepetnya berasal dari zat tanin yang juga kita temui di daun jambu biji dan daun teh. Enaknya tentu datang dari keinginan sehat kita.


2 komentar:

  1. waahhh baru kemaren aku ngebuang 3 biji alpukat. hiks hiks.tau gitu kan aku olah kaya gini.
    makasih infonya ya mbaakk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga apa-apa Mba Ita. Ntar kalo punya lagi, langsung dibuat ya..bisa dikonsumsi pakai kapsul. Jadi ga terasa pahitnya :)

      Hapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)