Rabu, 22 April 2015

Tips Sehat: Sebaiknya Konsumsi Jus Dalam 3 Menit!


Konsumsi jus bukanlah trend baru. Jus banyak dikemas dengan menarik dan rasa yang menggoda. Bahkan banyak di antara kita yang mengobati sakit dengan terapi jus. Ya, jus semakin digemari oleh berbagai kalangan, terutama anak muda.
 Agar minum jus mendatangkan manfaat bagi tubuh, maka jangan asal teguk saja. Minum jus, terutama dari buah, ada caranya. Inilah tips-tipsnya:
1.      Minumlah jus buah sebelum mengonsumsi makanan berat. Kurang lebih 30 menit hingga satu jam sebelum makan agar penyerapan enzimnya lebih efektif. Jika minum jus setelahnya maka enzym di dalam mulut dan perut akan tercampur dengan makanan lainnya.
2.      Jus diminum dengan cara lambat dan teratur. Teguklah jus dan biarkan berdiam di dalam mulut selama 5-15 detik. Cara ini bertujuan agar enzim yang ada pada air liur bercampur dengan jus.
3.      Telanlah jus dengan penuh kenikmatan dan sadar dengan rasanya. Sadar rasa akan berpengaruh baik pada saraf otak untuk tetap mengenali kandungan makanan yang kita konsumsi.

Jus yang dikonsumsi dengan benar akan mengalami pengolahan yang sempurna di dalam perut. Seratnya pun dapat terserap dengan baik. Komposisi serat yang cukup dalam tubuh akan menjaga sistem pencernaan tetap berjalan dengan lancar dan mencegah penyakit perut seperti konstipasi. Jadi asal minum jus, belum tentu mendatangkan manfaat. Mulailah dengan merubah pola minum jus kita dan senantiasa berdoa demi kesehatan kita. Selamat mencoba!

Sumber:
·         Putri Aisha Kitati. 2012. Aneka Resep Jus Buah Sayuran Super Sehat dan Lezat Ibu Hamil dan Menyusui. Araska. Yogyakarta.
·         Hannah Hulme Hunter & Rosemary Dodds. 2001. Makanan Yang Aman Untuk Kehamilan. Arcan. Jakarta.

artikel ini telah dipublikasikan di ummi-online.com

5 komentar:

  1. 5-15 detik ya didiamkan di mulut.. Bisa dicoba nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas..terimakasih telah berkunjung

      Hapus
  2. harus dinimkati ya seupaya lebih bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mba Lidya cantiiiiq :)

      Hapus
    2. benar mba Lidya cantiiiiq :)

      Hapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)