Selasa, 23 Juni 2015

Mengawali Sehat dengan...Pisang

Hidup sehat itu perlu. Apalagi saat menjalani puasa ramadhan, banyak yang berlomba menerapkan menu sehat untuk keluarga. Perempuan dan ibu menjadi pemeran utama. ya, siapa lagi yang bisa memanejemen dapur jika bukan kita-kita, kaum hawa?
Bukan mendiskriminasikan kaum pria lo.. tapi saya mengompori para perempuan agar menjadi penyuluh yang baik bagi anak dan pasangannya. Syukur-syukur, tetangga dan lingkungan kerjanya juga terpengaruh.
Penyuluh macam kita ini, memang harus berdedikasi tinggi dan pantang menyerah. Jika memberi contoh yang kurang baik, efeknya anak meniru dan biasanya tidak lagi mementingkan gizi saat mengisi perut. Jadi jika kita berani belajar menahan puasa saat siang hari (baik puasa nafsu beli ini itu dan memasaknya) kita juga harus mampu mengendalikan nafsu saat berbuka. Jangan kemaruk alias serakah dan sesuai porsinya saja.
Mengapa demikian, karena tubuh kita sangat lelah jika harus bekerja terlalu keras.
Ya,.. ya.. ya.. tapi tetap saja, susaaaaah banget menjalaninya. Hihihihi
Buat yang sudah kebelet, ingin memercepat membatalkan puasa, tentu memilih meneguk minuman manis. Itu tidak dilarang sih tapi akan lebih baik jika memulainya dengan segelas air hangat yang telah dikucuri air perasaan jeruk nipis. Lakukan sebelum mengicipi makanan lainnya seperti buah ya.
"Mencampurkan beberapa tetes perasaan jeruk nipis ke dalam berbagai minuman Anda akan meningkatkan daya serap nutrisi hingga lima kali dibandingkan minuman yang tidak diberi"
Yap,.. dan selanjutnya bisa nyam nyam dengan buah-buahan dulu sebelum mengecap menu berat. Buah-buahan itu makanan ringan bagi usus ya teman. Jika dikonsumsi sebelum makan jajanan, nutrisi buah terserap dengan mudah oleh usus.
Buah apa yang kamu suka, teman?
Paling murah sih pisang.. meski di pasar dekat rumah sudah tersedia jambu demak, mangga, melon, salak dan semangka, namun pisang tuh buah kesukaan saya. Apalagi sejak saya tahu, tak hanya ambon, jenis pisang yang bergizi tinggi bagi tubuh. Pisang dari jenis lainnya juga tak kalah loo..
http://serumpunlubai.blogspot.com/2012/10/pisang-gedah.html
Contohnya pisang awak.
Dulu, saat tinggal di tanah borneo, jenis pisang awak tidak saya sukai. Saya cenderung suka kepok, ambon dan susu. Ketika di Purwokerto, banyak ibu-ibu yang menyediakan pisang ini sebagai makanan selingan, saya pun heran. Apa istimewanya?
Ternyata, harganya lebih terjangkau dan selalu ada di pasaran.
Saya bahkan sempat menyangsikan kandungan gizinya teman... tapi saya salah duga. Pisang awak sangat josss. Jossnya ini mendorong saya mencoba mengolahnya menjadi selai pisang.
Rangkuman nutrisinya saya sebutkan di buku saya yang terbaru teman
 
 "KHASIAT AJAIB PISANG"
http://garisbuku.com/shop/
Buku ini diterbitkan oleh Rapha Publishing (Imprint Andi Publisher) 2015. Isinya mengulik pisang dari ujung kaki hingga kepala eh bukan maksudnya dari ujung daun pisang hingga akar. Ditambahkan manfaat pisang per bagian untuk kesehatan dan manfaatnya untuk kecantikan dari sudut para ahli. 
Toko Buku Online garisbuku.com mempromosikan buku ini dengan potongan harga hingga 13.000 dari harga aslinya. 
Jika teman tertarik, bisa mulai hunting buku ini di toko buku terdekat atau di toko buku online.

Terima kasih

2 komentar:

  1. assalamualaikum
    salam kenal mba ketty, orangtua saya juga asli purwokerto lho..
    dan hamil ketiga ini sy lg ngidam kripik pisang..:)
    sukses buat bukunya mba :)

    BalasHapus
  2. waaah, begitu ya, ternyata pisang bermamfaat banget ya

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)