Minggu, 12 Juli 2015

Kiat Buah Hati Sehat dengan Tubuh Prima Hingga Akhir Puasa

“Jangan lupa, minum air putih sebelum imsyak, Dek.”


Pesan saya kepada si sulung yang mulai bisa memenuhi kewajibannya berpuasa di usia 9,5 tahun,  menjelang imsyak.

Memasuki hari-hari terakhir, kami masih setia mengonsumsi 8 gelas sehari saat berpuasa. Meski tidak mudah, namun tantangan ini sangat terasa kebaikannya di tubuh.

Kenapa Minum Air Putih?
Tubuh yang cukup mengonsumsi cairan khususnya air putih akan membuatmu jauh lebih cerdas dan bersemangat dibandingkan jika tidak mengonsumsinya. 
sumber dari sini

Buah hati yang mengalami masa tumbuh, membutuhkan nutrisi yang cukup, salah satunya cairan. Cairan yang dimaksud sudah pasti air putih. Bukan minuman berwarna seperti sirup, teh atau minuman bersoda. Cairan ini sangat baik untuk membantumu melakukan rutinitas terutama saat belajar, bermain, mengaji plus shalat lima waktu bersama teman. Jika kamu sedang berpuasa, cairan yang dikonsumsi saat berbuka hingga sahur akan membuatmu bertahan dengan baik selama lebih 12 jam. Jadi tak masalah jika kamu harus melakukan ini itu, karena otak tidak mengalami dehidrasi dan staminamu tetap prima.

Tahukah Nak
Dehidrasi ringan memang berbahaya. Kondisi ini akan memberikan efek negatif  pada kinerja otak. Lelah, pusing dan lemas adalah salah satu gejalanya. Apa dong jadinya jika hal itu terjadi pada anak yang sedang berpuasa dan tetap belajar? Pasti akan sulit buat mereka dalam menyerap informasi dan konsentrasi. Oleh karena itu cairan yang cukup menjadi alasan utama keberhasilan kegiatan anak sehari-hari. Sebagaimana hasil penelitian yang dipimpin oleh Dr. Caroline Edmonds di Inggris, bahwa minum air dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan respon cepat. Jadi, minum air itu tak bisa disepelekan. Lihat gambar di bawah ini. Selain otak, organ tubuh lainnya pun mengandung banyak air. Jika kekurangan, tubuh bisa mengalami kerusakan metabolisme. 

Tapi ingat! Saat berpuasa, minum air dikondisikan selagi berbuka. Jangan curi-curi kesempatan minum air bak mandi! Selain tidak sehat dan higienis, apa yang sering dilakukan anak-anak tersebut dapat membatalkan puasa. Pilih cairan seperti AQUA yang jelas terpercaya oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Selain kemasannya aman, kandungan mineralnya baik untuk tubuh. Bahkan proses pengemasan air dari sumbernya pun sangat higienis. Jadi tak usah diragukan lagi kebaikannya.

sumber dari sini


Bagaimana Aplikasinya? 8 Gelas? Sekaligus?
Tentu kita tidak meminum 8 gelas air putih sekaligus di waktu bersamaan. Mengapa?
Karena tubuh kita bukan gentong yang bisa menampung semua asupan dari luar. Meneguk air putih dalam kadar yang cukup selama berpuasa pun bukan hal mudah. Harus menggunakan aturan agar metabolisme tubuh tidak terkejut dan siap menyerapnya. Jika tidak, rasa tidak nyaman akan mengganggu lambung kita. Bunyi mengganggu muncul jika kita minum seenak waktu. Kondisi ini sangat mengganggu, terutama saat sedang tarawih dan diperhatikan oleh orang-orang di sekeliling kita.

Agar tidak terjadi kejadian memalukan, ikuti langkah Aqua242.

sumber dari sini
2 Gelas Pertama

Saat berbuka segerakan membatalkannya. Air putih adalah saran tegukan pertama yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Tegukan demi tegukan yang dikonsumsi kita saat itu, akan memberi kesegaran dan memulihkan kebutuhan cairan yang berkurang selama 12 jam lebih. 
Usahakan setelah tegukan dari gelas pertama habis - jeda 5 menit - lalu meneguk gelas air putih yang kedua tanpa diiringi ngemil atau makan berat. Mengapa? Karena memasukkan cairan 30 menit sebelum makan sesuatu, lebih baik dibandingkan sesudahnya. Erikar Lebang (penulis buku "Food Combining Itu Gampang"-2013), menyebutkan bahwa mengonsumsi 500ml air pada satu jam sebelum mengonsumsi makanan dapat mengefektifkan enzim cerna. Minum sembari makan justru akan menimbulkan suara kecipak dalam perut dan menyebabkan asam lambung sulit bekerja. Jadi, sembari menunggu waktu makan, kita bisa membiarkan air putih yang bersarang di perut turun. Misalnya melakukan aktivitas shalat maghrib dan berdzikir mensyukuri nikmat berbuka. Baru setelah itu, tancap gas menikmati sajian berbuka dengan buah, snack atau makanan berat lainnya.

4 Gelas Kedua
Ada beberapa tahap agar kita mampu minum 4 gelas air putih sehabis berbuka: 

1. Minum segelas air sebelum berangkat shalat
Agar tubuh tetap prima saat berangkat dan melaksanakan shalat, ingatkan anak-anak minum segelas air putih menjelang berangkat ke masjid. 


2. Minum di sela ibadah shalat berjamaah isya dan tarawih

Bawalah segelas AQUA - dan meminumnya di sela-sela shalat tarawih atau di saat mendengarkan kultum. Badan jauh lebih segar dan tidak ngantuk ketika berjalan kaki pulang ke rumah. 




3. Minum satu atau dua gelas sebelum tidur atau di sela aktivitas harian 

Sambil menunggu sisa makanan berat turun menjelang tidur, ingatkanlah buah hati untuk menyelesaikan pekerjaan rumah untuk esok hari. Jangan lupa, di sela kegiatan diisi dengan minum satu atau dua gelas air putih sebelum tidur.

minum di sela aktivitas



2 Gelas Terakhir

jadwal minum air putih

Dikonsumsi saat:
1. Bangun Sahur
Minum segelas air putih saat terbangun sahur akan menggantikan kehilangan cairan  yang berlangsung selama tidur. Cairan ini juga baik diminum sebelum makan sahur (10-15 menit sebelumnya). Agar optimal, tambahkan setengah gelas berikutnya untuk diminum. 
2. Menjelang Imsyak
Setelah makan, kita hanya perlu menghabiskan setengah gelas yang tersisa. Cara ini jauh efektif dan tidak membebani lambung. Perut pun tidak terlalu penuh hingga menyebabkan tubuh terasa berat.


Kiat Lain

1. Ibu Perlu Membuat Jadwal Minum Air Putih
Letakkan jadwal minum tersebut di meja kerja atau di meja belajar buah hati kita. Jadwal pengingat sederhana ini dapat menjadi pengingat saat buah hati dan seisi keluarga terlanjur asyik beraktivitas sehabis shalat tarawih atau menjelang tidur (main game, membaca atau menonton televisi).
2. Perhatikan Kondisi Kulit Buah Hati dan Keluarga
Jika buah hati yang berpuasa terserang bibir pecah-pecah dan kulit kering (tidak kenyal) maka itu pertanda tubuh si kecil mengalami kekurangan cairan. Ibu perlu mengingatkannya minum cukup air putih saat berbuka.
3. Mencegah Titik Puncak Kelelahan Buah Hati
Buah hati yang berpuasa perlu mengistirahatkan tubuhnya di siang hari. Jangan sampai ia mengalami kelelahan karena cairan tubuh yang mulai berkurang hingga membuatnya rewel dan ingin membatalkan puasanya. Jadi selain menjaga asupan cairan yang cukup dan makanan yang bergizi, pastikan ia tidak menggunakan tenaganya secara berlebihan untuk bermain atau beraktivitas lain. Atau menyiasatinya dengan beraktivitas yang lebih hemat energi seperti membaca quran, menghapal suratan pendek, bermain ular tangga, lego, mengisi teka teki, atau membuat kue lebaran.
4. Kendalikan Minuman Manis 
Saat berbuka, buah hati cenderung tidak tahan jika tidak mengonsumsi minuman manis. Agar tidak berlebihan, pastikan buah hati menyelingi dengan minum air putih sedikit demi sedikit. Lalu beri nasihat tentang kelebihan dan kekurangan minuman manis bagi tubuh yang berpuasa. 
5. Setia memberi tauladan
Ibu jangan pernah berhenti memberikan contoh kebaikan di depan buah hati. Tauladan yang baik akan membuatnya meniru dan memeroleh kebaikan yang sama hingga buah hati dan seisi keluarga merasakan manfaatnya kelak. Minum air putih diakui sebagai perbuatan sederhana dalam menjaga kesehatan manusia hingga ia dewasa/tua.

Ibu adalah pengendali kesehatan keluarga. Ibu Bijak memilih yang terbaik bagi keberhasilan kesejahteraan keluarganya. AQUA pun demikian. Membantu kami menghilangkan dahaga dan memulihkan tubuh sehabis berpuasa. Karena itu AQUA dan kami bagai sejoli yang tak terpisahkan. Dimana ada aktivitas penting maka disitulah ada AQUA. Kemurnian dan kualitasnya tak diragukan lagi bagi kebutuhan air minum kami, terutama saat sedang berpuasa di luar rumah. AQUA memang menjadi andalan istimewa dan mudah dimiliki hingga ke pelosok desa. Terima kasih AQUA!   

sumber:
http://www.aqua.com/
Erikar Lebang. 2013. Food Combining Itu Perlu.Penerbit Qanita. Bandung. 
http://www.medicaldaily.com/stay-hydrated-stay-smart-quenching-thirst-water-boosts-brain-power-247723&prev=search
http://www.angelsprings.com/wp-content/uploads/2015/03/Water-and-brain
http://harmonizedbraincenters.com/2015/03/30/water-and-the-brain/
https://www.wattpad.com/125957-fungsi-cairan-tubuh-manusia/page/2

8 komentar:

  1. saya pun selalu cerewet kalo masalah minum air putih ini pada anak2 mba, apalagi di bln puasa ini

    BalasHapus
  2. air putih penting banget ya mbak

    BalasHapus
  3. aku kadang suka lupaa minum, ah harus jadi onta inii banyak minum biar sehat aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena itu onta lebih tahan dahaga ya Mba :) dia mampu menyimpan cairan dengan baik

      Hapus
  4. saya juga cerewet sama anak-anak soal minum air putih ini... biar terbiasa, jadi nanti gak perlu disuruh-suruh lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. mayoritas sulit nyuruh anak jika diri sendiri tak memberi contoh

      Hapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)