Minggu, 11 Mei 2014

Beser dan Minum Berdiri

Minum sambil duduk! Begitu spontan kita sering mendengar petuah lama para orang tua dan sesepuh. Dan nasihat itu sebaiknya patut diperhatikan juga ditaati. Peringatan ini tentu tak sebanding dengan gaya hidup yang sedang bergeser. Yang mana, sebagian dari kita sudah terbiasa dengan budaya minum sambil jalan saat sibuk kerja, minum berdiri di halte, di stasiun, di tempat-tempat yang tak menyediakan tempat duduk nyaman bahkan di standing party sekali pun. 

sumber dari sini 
Jika ingin tahu alasannya secara kesehatan atau agama, google telah menyediakan banyak sumber. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits berikut ini.
عن أنس – رضي الله عنه – ، عن النبيِّ – صلى الله عليه وسلم – : أنه نَهى أن يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِماً . قَالَ قتادة : فَقُلْنَا لأَنَسٍ : فالأَكْلُ ؟ قَالَ :
ذَلِكَ أَشَرُّ – أَوْ أخْبَثُ – رواه مسلم
Dari Anas radhiyallahu anhu dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam : “Sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang untuk minum berdiri”. Qatadah (seorang tabi’in) berkata : “Kami bertanya kepada Anas, ‘Bagaimana dengan makan sambil berdiri?’ Anas menjawab, ‘Yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk.’ (HR. Muslim).
Tapi yang paling nyata yang saya peroleh dua hari yang lalu, minum sambil berdiri ternyata dapat menyebabkan "beser"!
Wah..saya koq ga perhatian sama tubuh sendiri ya? Baru sadar nih..
Pantas saja, setelah dua gelas air putih diminum, saya bisa beberapa kali buang air kecil. Tapi mengapa demikian? Saya bukan tenaga medis. Namun karena ini penting bagi kesehatan tubuh ya cari-cari juga di rumah Mbah Google. Jika ada yang lebih paham masalah ini, mohon ditambahkan ya..

Sekedar catatan untuk dokumentasi pribadi..saya menemukan ini dari sini:
  • Tubuh manusia memiliki jaringan penyaring (filter). Ada yang menyebutnya filter penyaring itu dengan nama sfringer, yaitu suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.
  •  Filter penyaring ini akan terbuka disaat kita duduk, dan tertutup disaat berdiri. Karena itu, kalau minum sambil berdiri, maka air akan langsung masuk hingga ke kantong kemih tanpa proses penyaringan. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter.

Bila ini terjadi, maka ini akan menyebabkan gangguan pada ginjal.

  •  Sebaliknya, dengan duduk, maka filter penyaring akan terbuka dan akan berproses di dalam tubuh sebelum disalurkan ke berbagai organ lainnya, lalu diolah lagi hingga masuk ke kantong kemih. Dengan demikian, maka rasa haus yang dirasakan akan segera sirna seusai meminum air putih sambil duduk.
Hebohnya kita kerap menyaksikan berbagai iklan televisi wara wiri seakan membiasakan atau bisa dibilang mengijinkan perilaku tersebut. 
Akibatnya repot banget deh meminta anak-anak kecil untuk mengikuti nasihat lama jika mereka pun bilang, "la itu di tivi koq ga apa-apa, mereka boleh-boleh aja?"..well repot deh kalo sudah begini :)..
Apalagi orang dewasa suka lupa, terburu-buru dan akhirnya melakukan hal yang sama lagi..minum ga duduk, terutama jika sedang hauuuuuus bangeeet.

Penjelasan paling sederhana ya, "Nak, kalo minum sambil jalan ya bakal tumpah, gelasnya bisa jatuh karena bla..bla..bla.. de es be.

Jika ada orangtua  atau pembaca lain yang punya saran dan informasi berbeda, saya tunggu opininya? 

13 komentar:

  1. orang2 tua jaman dulu sering bilang gitu ya mba jangan minum makan sambil berdiri ternyata ada betulnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba..mereka memang selalu punya wejangan yang mumpuni

      Hapus
  2. wah saya termasuk orang yang berusaha untuk selalu minum 8 gelas perhari tapi tidak pernah tau kalau minum sebaiknya memang harus sambil duduk. saya lebih terbiasa minum berdiri di depan kulkas. terimakasih infonya btw sudah lama sekali yah saya gak main kemari hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Nggit. aku juga makasih sama Google yang banyak banget ngajarin aku :D

      Hapus
    2. hiks, aku juga suka minum berdiri di depan kulkas....

      Hapus
  3. Dalam Islam memang dianjurkan untuk makan dan minum dalam posisi duduk, dan pastinya ini ada hikmahnya ya mak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari dulu aku tuh bandel mba..sudah ada tuntunannya ya teteup aja ngeyel, nah lho!

      Hapus
  4. Nak, jangan minum sambil jalan. Nanti kesangklat.
    Tau keangklat gak, Mba? :D

    BalasHapus
  5. itulah mengapa Rasullah mengajurkan kita untuk duduk disaat minum , ternyata itu bermanfaat sekali bagi kesehatan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuuul mba..Rasulullah sudah mencontohkan, bahkan disuruh dibuang tuh air yang kita minum sambil berdiri!

      Hapus
  6. Alasannya ini toh makanya minum harus duduk. Selama ini malas mencari alasan ini :D

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)