Kamis, 15 Mei 2014

Ketika Benteng Merah Menjadi Lokasi Film

Sewaktu lihat berita di film The Raid diputar di bioskop (Maret 2014) dan diberitakan syutingnya di Benteng Van Der Wijk, saya langsung teringat dokumentasi 20 April 2011. 
Saat itu saya penasaran banget ingin melihat dari dekat Benteng Merah yang terkenal di Jawa Tengah, tepatnya di Kebumen. Pas ada adik ipar, kami pun berlibur seharian ke tempat ini. Belum terbayang sih kalo bawa anak balita bisa enjoy atau ngga..dan ternyata disana (saat itu), banyak wahana khusus anak-anak. Jadi, tempat ini pas juga buat liburan dan rekreasi anak-anak selain sebagai media belajar sejarah Indonesia. 
Berhubung file foto-fotonya baru ketemu, ga ada salahnya saya unggah dan post disini (#mengikuti jejak Mba Idah Ceris). Sekalian buat perbandingan bahwa di tempat saya lewat bersama rombongan keluarga dengan menggunakan kereta kuda beroda banyak..adalah cikal bakal film The Raid.


selain hari libur, kereta mini di atas benteng tidak dijalankan..padahal pengen lihat suasananya lo!

kereta kuda akan berputar mengelilingi benteng
the-raid-2-berandal-di-benteng-gombong-kebumen-3
suasana yang benar-benar menyerupai penjara
sumber: http://enggaktau.com/2013/12/31/film-the-raid-2

Dari gambar terlihat, saat syuting bagian benteng yang terbuka ditutup rapat dengan terpal putih. Mungkin agar terhindar terhindar dari air hujan, alat-alat tidak rusak, syuting lancar dan target tercapai. 
Ditambah pula dengan elemen pagar kawat berduri di setiap sisi, sehingga berkesan "penjara yang sesungguhnya".
Benar-benar heboh dan maksimal ya persiapannya! Bandingkan dengan gbr 1 yang terkesan lapang..setelah disulap menjadi gambar 3 dan 4. 

kesibukan para kru dan artis
sumber: http://enggaktau.com/2013/12/31/film-the-raid-2
Dugaan saya pasir sepertinya ditambahkan di atas lantai agar menimbulkan kondisi "kumuh". Jika ditambahkan air maka yang terjadi adalah kesan becek seperti gambar berikut. 

the-raid-2-berandal-di-benteng-gombong-kebumen
Iko Uwais berakting di lumpur buatan
sumber: http://enggaktau.com/2013/12/31/film-the-raid-2
Pertanyaannya..apakah selama proses syuting, benteng tetap dibuka untuk umum? 
Jika masyarakat mendengar di benteng ini sedang ada syuting, pasti mereka akan berbondong-bondong memberitakannya ke semua orang. Banyak yang berkunjung akan menambah penghasilan daerah..
Sayang semua peristiwa ini sudah lewat. Yang tersisa hanya foto..dan filmnya. Saya terlambat mengetahui apalagi memberitakannya hiks hiks


  

14 komentar:

  1. di buat mirip untuk setting film ya mbak. Oh ya mbak komennya masuk kok di blog aku tapi di moderasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mbak..saya aja yg gaptek hihihi

      Hapus
  2. ternyata sytuing film the raid disitu ya

    BalasHapus
  3. bagus tempatnya mbak, kapan ya saya bisa ke Benteng Van Der Wijk.. :)

    BalasHapus
  4. Meskipun telat mengulasnya tapi tetap menarik kok mak. Kalau liat di film The Raid nya sih bikin pangling sama tempat aslinya ya mak :)

    BalasHapus
  5. Saya malah baru tahu kalo di film itu lokasinya di mari. Hehhe

    BalasHapus
  6. Lhaa, nyong baru tahu kalau The Raid syuting di sini. :D
    Itu pake plastik atapnya ya, Mba. Biar gak panas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lupa mengingatkan mba Idah waktu itu hehehe

      Hapus
  7. wuiih keren banget benteng merahnya
    aku baru tau ini lho

    BalasHapus
  8. keren benteng merah itu ya mb.suasana syutingnya beneran heboh ya mb,,luar biasa.
    apa kabar mb ketty? aku baru mulai blogging lg nich.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)