Rabu, 07 Januari 2015

Kotak Pengetahuan #2: Aroma Jeruk & Ngiler

Hai Selamat Hari Kamis!
Apa kabar Anda semua?
Suatu siang yang panas dalam perjalanan Tegal- Cirebon, seorang lelaki mengeluarkan sekantong plastik berisi jeruk. Lelaki itu duduk di baris kedua dari belakang sopir. Ia rupanya sangat lelah. Dibukanya kantong plastik tersebut, dikeluarkan dan dikupasnya. Beberapa siung jeruk disantapnya. Entah manis legit atau kecut seger, lelaki itu diam dalam kenikmatan. Aroma jeruk tersebar - terbawa angin hingga ke baris paling belakang. Nikmat dan tentunya mengundang perhatian, dimanakah buah jeruk tersebut berasal? Apakah ada penjualnya dis ekitar bis ini? Ataukah ada penumpang yang sedang menikmatinya? Ehem..ehem..adakah yang mau membaginya denganku, aku tergoda. 

Sebagian orang akan tergoda dengan aroma jeruk dibandingkan aroma apel atau pisang yang sedang dikupas dan atau dimakan seseorang. Mengapa demikian?

Inilah jawabannya - tersedia juga di kotak pengetahuan #2 Buku Khasiat Ajaib Jeruk Nipis: "Aroma jeruk yang menyebar dari percikan daging buahnya, merangsang kelenjar sehingga menghasilkan air liur yang meningkatkan nafsu makan seseorang (hal.5)"

Ya. Tak semua orang menyadari ternyata "ngiler" bisa disebabkan oleh adanya reaksi kelenjar yang merangsang metabolisme pencernaan. 

Sudahkah Anda ngiler hari ini? 

4 komentar:

  1. ooohhh begitu ya,,,, kirain ngiler.... ngiler aja, taunya pake ada rangsangan2, hihihi

    BalasHapus
  2. Aku ngiler kalau liat ada gadget keluaran baru. :D

    Aku suka jeruk juga,Mbak. Segeer, pun dg kulitnya.

    BalasHapus
  3. selain itu kulit jeruk mengandung gas (nggak tahu nama ganya) yang mudah menguap dan mudah terbakar. karena mudah menguap, berarti lebih mudah sampai ke hidung. :)

    salam

    BalasHapus
  4. aku biasanya ngiler itu kalo pas lg tidur mbak, hehe :D
    jd malu

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)