Jumat, 13 Maret 2015

Hubungan Kecantikan dan Kondisi Usus

Teman, usus adalah organ penting yang harus dipelihara. Di tempat tersebut, segala bentuk makanan dicerna. Mengonsumsi jenis makanan yang mudah dicerna akan menjadikan usus sehat. Alasannya sederhana, makanan yang baik untuk usus membantu organ ini bekerja lebih baik, menyerap gizi dan otomatis memperlancar proses pembuangan.

Organ pembuangan yang buruk memang dapat mendatangkan masalah! Cobalah perhatikan tayangan iklan di televisi hingga media cetak tentang perangai seorang yang tak bisa menahan ketidaknyamanan pada perutnya. Ia terbirit-birit menahan sakit. Usus yang bermasalah akan membuat teman-teman kurang tidur, kurang konsentrasi dalam beraktivitas dan akhirnya memicu kemarahan kecil hingga besar. Jika sudah demikian, hubungan antar manusia pun terganggu, kinerja dan ibadah jadi kurang optimal.
Sebaliknya jika teman-teman memiliki usus sehat, pasti kita akan menunjukkan wajah gembira, berperilaku baik hati dan semangat dalam bekerja. Bahkan rumah tangga pun jadi adem ayem tentrem akhirat. Suami, istri dan anak-anaknya rukun harmonis dan beribadah dengan nyaman.

Kecantikan seseorang juga dapat dilihat dari kesehatan ususnya. Bibir bagian bawah berhubungan dengan usus besar sedangkan bibir atas berkaitan dengan usus halus. Jika bibir bawah membengkak mengindikasikan usus besarnya sedang mengalami pembengkakan dan dalam kondisi kurang sehat. Sementara bila bibir bagian atas membengkak menandakan usus halusnya sedang dipadati lemak.
Kebayang ga sih jika teman-teman terlihat murung setiap hari hanya gara-gara usus yang tidak sehat. Untuk mensiasatinya konsumsilah makanan hidup, seperti air, sayur-sayuran mentah dan buah-buahan. Jumlahnya harus lebih banyak daripada jenis lainnya. Sebaliknya hindarilah makanan berlemak seperti gorengan dan makanan berkabohidrat tinggi. Ini semua demi kelancaran pembuangan dan kesehatan usus. Allah memang menciptakan segala yang ada dunia untuk kita namun bukan dimanfaatkan secara berlebih-lebihan.
Tulisan ini juga dimuat dalam ummi-online.
sumber:
Dr. Hiromi Shinya. April 2014. Revolusi Makan. Penerbit Mizan. Bandung

Susan West Kurz,Tom Monte. 2006. Awakening Beauty: The Dr. Hauschka Way. Claireview Books.

6 komentar:

  1. Kalau aku bibirnya suka pecah pecah gimana tuh?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum tahu alasannya Mas Nandar. Yang saya tahu, jika pecah-pecah menandakan tubuh kekurangan vitamin C dan cairan.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. dua buku terdahulu aku punya mbak tapi buku revolusi makan belum punya

    BalasHapus
  4. Seriusan aku baru tahu hbubgab bibir sama usus ini, Mbak. :D

    BalasHapus
  5. Baru tau mba kalau usus juga berpengaruh dengan kecantikan, kirain cuma pengaruhnya dengan masalah sakit perut atau pencernaan :)

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)