Kamis, 09 April 2015

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Obat Tradisional


Bagaimana rasanya kena jerawat pertama kali? Galau bukan kepalang. Terserang jerawat sering diibaratkan terkena musibah besar bagi kaum remaja terutama mereka yang baru mengalami perubahan hormon. Baik remaja perempuan maupun remaja laki-laki, akan sebal dengan proses ini. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Jenis tumbuh-tumbuhan berikut dapat membantu teman-teman pembaca mengobati sekaligus mencegah munculnya jerawat di momen berikutnya.
1.      Kunyit
Jenis tumbuhan ini memiliki kemampuan 36 kali lebih besar dalam melawan bakteri penyebab jerawat dibandingkan asam azelaic (zat kimia yang banyak ditemukan dalam obat jerawat ringan). Untuk mencegah dan mengatasi jerawat sebaiknya mengonsumsi kunyit, bisa dalam bentuk minuman (jamu) atau dimakan. Kunyit terbukti mampu menyembuhkan peradangan dalam organ tubuh, salah satunya jerawat. Orang yang mengalami peradangan dan rendah kandungan antioksidannya akan memiliki fisik kulit yang berbeda dengan yang berkulit bersih.
2.      Lidah buaya
Tanaman ini mengandung ± 6 pembawa antiseptik yang dapat mencegah kulit mengalami kerusakan akibat mikroba, jamur dan bakteri. Fungsinya sebagai pelembab wajah dan membantu penyembuhan bekas jerawat. Cara pemakaiannya hanya dengan menempelkan gel yang dihasilkan oleh lidah buaya pada bagian yang berjerawat sebanyak dua kali dalam sehari selama satu minggu hingga kempis. Lalu membilas wajah dengan air bersih setelahnya.
3.      Bawang putih
Untuk mengatasi jerawat, ada baiknya sobat Nida mengonsumsi beberapa siung per hari. Konsumsi bawang ini dalam wujud segar lebih bermanfaat sebab mengandung antioksidan yang lebih banyak. Bisa juga dengan menambahkan dalam makanan atau dikunyah begitu saja. Penanganan luar juga bisa yakni dengan mengoleskan irisan bawang putih di jerawat sobat Nida. Atau dengan mengompres wajah yang berjerawat dengan cairan bawang putih. Caranya hanya dengan mengencerkan gerusan bawang putih dengan ½ cangkir air hangat. Namun jika mengalami rasa terbakar, hentikanlah pemakaian dan segera bilas wajah dengan air dingin.
4.      Daun sirih
Sirih mengandung antiseptik. Daun ini juga bisa membantu mengempiskan jerawat. Caranya dengan mengompres wajah menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air rebusan daun sirih. Air rebusan berasal dari 3-5 lembar daun. Terapi yang teratur (3-5 hari) berhasil mengatasi jerawat.
Sederhana dan mudah kan tips-tips di atas? Teman-teman pembaca pasti tidak kesulitan memeroleh bahan-bahan pengobat jerawat tersebut karena kalian bisa mencari salah satu bahannya di dapur sendiri. Selamat mencoba!

artikel ini telah dipublikasikan juga di annida-online.com

Sumber:
http://ryaacne.blogspot.com/2012/11/how-to-eliminate-acne-with-betel-leaves.html
http://homeremediesforlife.com/aloe-vera-for-acne/

5 komentar:

  1. Pakai bawang putih bisa juga ya buat jerawat.. thanks infonya

    BalasHapus
  2. bawang putih digadoin gitu ya mbak

    BalasHapus
  3. Kalo bawang putih goreng bisa ngga? ngga doyan kalo mentahan hehehe

    BalasHapus
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas mendowload dn upload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  5. kalo pake bawang putih panas ya mba, saya pernah waktu sakit gigi pake bawang putih..

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)