Senin, 06 April 2015

Tips Duduk Sehat

sumber: oldweb.christianevienne.be

Bagaimana posisi teman saat membaca postingan ini? Sedang dudukkah? Atau berdiri? Jika sedang duduk, maka kali ini saya ingin berbagi tips duduk yang sehat. Yaaah bagi informasi agar kebiasaan duduk yang biasa kita lakukan tidak menimbulkan penyakit. Mengapa?
Riset kesehatan menemukan bahwa aktivitas duduk yang terlalu lama justru akan memicu penyakit yang membahayakan seperti obesitas, serangan jantung, sakit punggung, kerusakan pankreas dll. Yang terparah, kebiasaan ini dapat mengundang kematian. Bagaimana bisa? Duduk kan kegiatan lumrah. Duduk dianggap sama seperti beristirahat. Ya semacam ngaso dari aktivitas harian yang melelahkan. Apalagi kita para happy moms, sangat butuh duduk setelah capek mengurus anak, masak, beberes, antar jemput anak, belanja harian dll.

Jika alasannya demikian, kegiatan duduk sebenarnya tidak membahayakan. Yang mengerikan adalah jika duduk  berjam-jam hingga kurang menggerakkan badan. Sejak masyarakat mudah membeli barang-barang berteknologi tinggi, aktivitas duduk lekat dengan kegiatan sms, chatting, surfing, menonton dll. Kesibukan inilah yang patut diwaspadai. Sebab penyakit degeneratif tak hanya memangsa mereka yang sibuk bekerja di kantor, tapi juga mereka yang menganggur di rumah. Apalagi jika ditemani dengan minuman bersoda, makanan renyah dan gurih yang berkalori tinggi, juga snack manis. Hmmm....yummy namun sungguh tidak sehat.

Lalu bagaimana cara agar aktivitas duduk yang kita lakukan tidak mengundang penyakit?
1.      Duduk dengan posisi yang benar
Yuk perhatikan cara duduk para raja Jawa. Umumnya mereka duduk dengan posisi yang tegak dengan punggung lurus. Cara ini patut ditiru karena efektif mengurangi rasa pegal di punggung dan memperkecil kemungkinan terjadinya bungkuk pada tulang punggung.
2.      Relax  kaki dengan senam bola
Suatu saat kaki saya lelah, lalu saya mencoba bermain bola sambil duduk. Caranya sangat mudah. Letakkan bola di dekat kaki (bola yang dipakai bisa bertekstur empuk dan keras). Gerakkan bola ke kiri dan ke kanan dengan telapak kaki. Lakukan selama 15-20 menit. Tanpa terasa, kaki kita lebih relax, betis lebih enteng dan tidak setegang sebelumnya. Senam ini bisa dilakukan sambil mengerjakan tugas, mendengarkan tilawah atau bersenandung saat sedang bosan.
3.      Duduk lalu berdiri berkali-kali
Aktivitas ini memang cukup melelahkan. Namun sangat baik bagi tubuh. Kenapa ya? Secara gravitasi, lawan duduk adalah berdiri. Dengan mencoba seringkali berdiri di antara waktu duduk kita maka organ dalam tubuh pun mengalami gerakan. Ini jauh lebih baik dibandingkan hanya berdiri satu kali dan duduk sangat lama. Untuk memudahkan, gunakan timer. Atau cobalah tidak meletakkan segala sesuatu lengkap di meja kerja atau di dekat kursi.
4.      Senam leher
Pernah merasa lelah mata, sakit leher, kebas leher atau pegal di sekitar punggung akibat terlalu lama melakukan aktivitas dengan alat komputer? Menghentikan pekerjaan dan melakukan senam leher yang ringan adalah salah satu solusinya. Coba tengokkan dan leher ke kiri dan ke kanan beberapa kali. Juga anggukan ke depan dan ke belakang. Atau dengan menyandarkan leher kita di tangan selama beberapa menit sambil memejamkan mata untuk relaksasi. Hmmmm.....enteng!
Bagaimanapun menggerakkan anggota tubuh lebih menyehatkan dan membantu sirkulasi darah. Jadi, mulailah melakukan duduk yang sehat!

Sumber:

"Artikel ini telah dipublikasikan di ummi-online.com"

6 komentar:

  1. Aku praktekan ya mbak cara duduk yang benar untuk menjaga kesehatan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba Mbak Lid cantik. Saya sudah coba dan memang lebih nyaman dibandingkan terus menerus duduk berjam-jam.

      Hapus
  2. ohhh perlu ya duduk dengan senam bola. saya jarang sih berlama-lama duduk di depan laptop, kalo di kantor seringnya juga bolak-balik meja terus kemana gitu, soalnya pantat pegel mbak hehe, thanks ya atas tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Evrina pasti lebih sehat nih..patut dicontoh yang sering duduk berdiri seperti Mba Penyuluh dari tanah Sunda ni..:)

      Hapus
  3. Kalau aku gak bisa duduk sampai berjam2, soalnya beser, bolak-balik ke kamar mandi :p hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga apa-apa Mbak, daripada beser ditahan malah jadi penyakit:)

      Hapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)