Kamis, 28 Mei 2015

Tips Berkendara Roda Dua Bersama Keluarga

Apakah teman-teman tergolong orangtua yang hobi jalan-jalan hemat? Jika ya, jangan lupa ya  dengan kiat hemat tapi selamat dalam melakukan travelling bareng buah hati. Sebab tak jarang, orangtua mengabaikan faktor keselamatan akibat kepepet anggaran. Padahal penting nyawa kan dibandingkan uang?
Menjelang liburan sekolah sekaligus libur lebaran, ada baiknya para orangtua memikirkan dengan cermat, konsep jalan-jalan yang ingin dijalani. Jika obyek wisata yang dituju tergolong dekat dengan rumah, lebih mudah dicapai dengan kendaraan roda dua dan kondisi perjalanannya aman maka teman dapat memilih roda dua sebagai alat kendaraan. Namun jika bis, mobil dan kereta lebih menyanggupi, maka jangan biarkan teman-teman memaksa diri untuk berlelah ria di jalan.
Nah, berikut ini konsep jalan-jalan dengan kendaraan roda dua. Ada beberapa hal yang harus disiapkan ya. Yuk simak!
1.Selalu cek kondisi kendaraan ya… khususnya ban. Jangan sampai gembes, terlalu kencang atau gundul, periksa juga kondisi bensin. Penuhi dan jangan sampai kehabisan sebelum sampai di tujuan, aki dan busi motor yang prima, cek cengkeraman rem tangan dan kaki ya, kondisi helm yang standar dan aman bagi pengendara, juga buah hati.
2.Jas hujan (jika musim hujan)
3.Tas kresek sebagai tempat sampah
4.Tas dan perbekalan yang cukup (makan siang, snack, minum juga buah)
5.Dompet berisi kartu kendaraan, SIM, KTP juga uang yang cukup untuk membeli suvenir atau makanan ringan.
6.Kamera dan atau handphone sebagai alat dokumentasi dan komunikasi.
7.Perlengkapan medis.
8.Topi, kacamata dan jaket yang cukup melindungi tubuh dari sinar matahari dan angin yang kencang.
9.Peta perjalanan dan kompas (jika perlu). Ingat ya teman, bertanya pada warga asal akan lebih banyak membantu daripada diam saja dan sok tahu saat tidak tahu lokasi tujuan.
Seru kan jika berpergian dengan kendaran motor. Namun jangan lupa ya untuk tidak ugal-ugalan di jalan, mementingkan keselamatan buah hati dan pasangan serta selalu berdoa. Selamat berwisata!

artikel ini telah dipublikasikan di ummi-online.com

2 komentar:

  1. Aku nggak punya motor :( Tapi peralatan2 itu memang penting banget, semoga ibu2 nggak suka nggampangin, udah gak pake helm ngantar anak sekolah, masih nyangking anak tetangga. Maksudnya baik tp bahaya.

    BalasHapus
  2. Jarang banget bawa peralatan medis lengkap. Paling cuma betadine sama kapas. Hihihi

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)