Rabu, 27 Mei 2015

Kegunaan Bawang Putih Untuk Kesehatan

Pernahkah teman-teman memanfaatkan bawang putih sebagai alternatif dalam mengatasi kembung dan mengeluarkan gas dari saluran pencernaan? Jika ya, bagaimana rasanya? Lega bukan? lambung terasa enteng dan nyaman. Seperti saat tenggorokan berhasil mengeluarkan dahak dari saluran pernafasan (ekspektoran).
Ya, bagian umbi bawang putih terbukti ampuh menangani berbagai penyakit. Umbi ini mengandung minyak atsiri yang berwarna kuning kecoklatan dengan komposisi utama yang merupakan turunan asam amino dengan kandungan sulfur, seperti aliin, allil sulfida, allil propil disulfida dan adenosin. Di dalam umbi tersebut juga terdapat jenis saponin yang disebut tuberkolosida serta senyawa lain meliputi allistatin dan garlisin.
Bawang putih memang terkenal sebagai obat untuk mengatasi penderita tekanan darah tinggi, meredakan pusing di kepala, menurunkan kadar kolesterol serta mengobati sakit perut. Jika ada saudara atau teman yang mengalami sakit seperti di bawah ini, tak ada salahnya mencoba resep tradisional berikut ini:
1.Hipertensi
Cukup dengan menyiapkan 3 siung bawang putih yang ditumbuk halus dan diperas dengan air secukupnya. Hasil tumbukan disaring dan diminum secara teratur setiap hari.
Dapat juga dengan mengonsumsi bawang putih (yang dipanggang dengan api) selama 7 hari setiap pagi.
2.Asma, Batuk dan Masuk Angin
Sediakan 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya. Tumbuklah bawang putih hingga halus lalu campur dengan madu dan gula batu. Setelah merata, saring dan minum setiap pagi hingga sembuh.
3.Sakit Kepala
Saat sakit kepala, manfaatkan beberapa siung umbi bawang putih yang ditumbuk halus dan diletakkan di dahi sebagai kompres.
4.Luka kena benda tajam berkarat
Sediakan beberapa umbi bawang putih lalu bakar. Umbi yang dibakar tersebut dicelupkan ke dalam minyak kelapa lalu ditumbuk halus. Hasil tumbukan segera dioleskan pada bagian yang berkarat.
5.Obat mengeluarkan serpihan kaca, kayu atau duri
Caranya sangat mudah, cukup dengan membuat tumbukan umbi bawang putih hingga halus. Hasil tumbukan ditempelkan di bagian yang terkena serpihan kaca, duri atau kayu tersebut.
6.Luka Memar (akibat tikaman/pukulan)
Sediakan bawang putih dan 1 sendok madu. Tumbuk halus bawang putih lalu campur dengan sesendok madu. Aduk keduanya hingga merata lalu oles pada bagian yang terluka.
7.Insomnia
Cara mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih, sesaat sebelum tidur.
Selamat Mencoba!
Referensi:
-Bambang Mursito. 2001. Ramuan Tradisional Untuk Kesehatan Anak. Penebar Swadaya. Jakarta.
-Thomas A.N.S. 1989. Tanaman Obat Tradisional. Kanisius. Yogyakarta.
artikel ini telah dipublikasikan di ummi-online.com

2 komentar:

  1. bawang putihi juga tidak mengakibatkan efek samping layaknya obat yang mengandung zat kimia ya

    BalasHapus
  2. Banyak banget manfaatnya. Bawang putih itu bahan masak wajib ada.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)