Kamis, 18 Juni 2015

Apakah Harta Kita Tergolong Berkah?

Siapa bilang, harta yang berkah adalah harta yang banyak? Harta yang berkah adalah harta yang selalu ada manakala dibutuhkan. Saat teman sedang butuh membeli obat untuk anak sakit, ada yang bersedia menanggung. Saat teman sedang butuh uang untuk membayar hutang, ada yang membantu.
Atau saat kita sedang kesulitan di jalan, ada yang menolong. Subhanallah ya teman, pertolongan Allah itu sungguh dekat dengan hamba-hamba-Nya yang juga suka menolong orang lain. Terhadap mereka yang suka menyedekahkan hartanya di jalan Allah atau mereka yang suka menunaikan zakat hartanya.
Harta yang berkah akan membuat diri kita selalu berhati tenang. Meski jumlahnya sedikit harta itu mampu mencukupi apa saja yang dibutuhkan pemiliknya. Ingat ya teman, keberkahan tak hanya berhubungan dengan harta. Dalam hidup, keberkahan tercermin oleh kemampuan dalam mengatasi berbagai masalah, keteraturan dalam beribadah, kemampuan dalam membangun keluarga yang sakinah, memberikan manfaat bagi orang lain dan mendapatkkan rezeki yang halal serta thayyib.
Harta yang berkah juga berfungsi sebagai media memperpanjang usia. Cara memanfaatkan harta tersebut dengan melakukan kebaikan. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Salman bahwa Rasulullah saw bersabda “Tidak ada yang bisa menolak takdir kecuali doa dan tidak ada yang bisa menambah panjang umur selain kebaikan.”
Nah, kebaikan dengan harta dapat diterapkan dalam bentuk sedekah.  Tapi jangan berkecil hati ya.. tidak selalu seseorang baru bisa melakukan kebaikan jika telah memiliki harta. Sebab harta yang sangat kecil, sejumlah satu buah kurma pun akan melindungi si pemberi nya dari jilatan api neraka. Bahkan jika diberikan dengan ikhlas maka pemberi harta ini mendapatkan doa dari malaikat “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya”.
Jadi jangan pernah ragu untuk menggunakan harta kita dengan benar ya teman, agar kita senantiasa terlindungi dari kenistaan dunia akhirat. Amiin 
Referensi:
-Ahmad Baghlabah. 2003. Perilaku yang Dapat Memperpanjang Umur dan Merubah Takdir. Mitra Pustaka. Yogyakarta.
-Didin Hafidhuddin. 2007. Agar Harta Berkah dan Bertambah. Gema Insani Press. Jakarta.
artikel ini telah dipublikasikan di majalah digital ummi

6 komentar:

  1. harta yang berkah bakal di nikmati oleh keluarga jadi harus halal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. harta halal membuat hidup kita tenang Mba Lid

      Hapus
  2. Berkah, buat keluarga dan oranglain ya, Mbak. Banyak berbagi nanti akan merasa berkahnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin memberi lillahi ta'ala semakin diberkahi Allah Mba Idah

      Hapus
  3. Lebih baik yang sedikit disyukuri & bikin tenang ya, drpd banyak tp gelisah.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)