Jumat, 15 Juli 2011

Poetry Hujan:Saripetojo, Antara Peradaban dan Keegoisan

Bulan separuh meninggalkan malam
Dalam deras hujan di waktu fajar
Serombongan lelaki dan perempuan datang berdesakan
Sibuk menata dagangan di pasar buah
Pada suatu hari penuh sejarah
Di sekitar eks pabrik Es Saripetojo


Solo dan Saripetojo
Dua nama yang terikat, menyisakan riak di kalangan
Ceritanya sedang dipergunjingkan
Oleh jelata dan pembesar  
Masa depannya sedang diperjuangkan
Oleh pembela budaya dan sejarawan


Ribuan yang menangis mengiba, tertindas nasibnya
Ratusan yang tertawa membahana, angkuh jabatannya


Solo dan saripetojo
Bak dua keping yang menyatu dalam sekoin asa
Ada impian pedagang juga penikmat sejarah keratonan
Ada keegoisan petinggi yang buta mata dan hati


Hidup cagar budaya adalah hidup indonesia
Saksi bisu metamorfosis kekuatan kebudayaan
Saksi kesenian yang melahirkan sastra keraton


Rintik hujan airmata kecewa
Mengalir di antara kepongahan pemugaran
Kembali tanah air kita kan kehilangan cagar budaya
Tak ada lagi lahan untuk berjualan
Pedagang pasar tersingkirkan
Ketika Saripetojo berubah wujud menjadi mal


Kuis Poetry Hujan

  Puisi ini diikutsertakan pada Kuis “Poetry Hujan” yang diselenggarakan olehBang Aswi dan Puteri Amirillis

26 komentar:

  1. mantap....moga menang ya, sis.. saya sih merasa puisi kamu bakal menang deh.

    BalasHapus
  2. @ Sang Cerpenis bercerita: makasih mbak :)
    tp ga yakin bisa menang krn ga tau kriteria penjuriannya spt apa yg penting dah menyalurkan pemikiran dan kegelisahan hihihihi :)

    BalasHapus
  3. @Chilfia Karunianty: makasih mbak,..:)ikutan jg kan??

    BalasHapus
  4. inspiratif! semoga menang yah mbak :D

    BalasHapus
  5. Mbak kenia...mantap habiiiisss..pasti menang nie..ntar pinjamin aku bukunya ya...heeee, than's

    BalasHapus
  6. jauh bener ama puisiku yg cuma sa-iprit itu, hehehe ....
    menang nih kayaknya ...

    BalasHapus
  7. @nurlailizahra: makasih,..punya mbak jg bgs koq :)

    @Putri Omsina: ah biasa aja koq,..ini cm kegelisahan jiwa setelah mbaca kompas hr ni :)

    @dey: ah blm tentu mbak,..tp smg ya (penuh harap)

    BalasHapus
  8. wow, susah lh bikin puisi, salut bgt bisa bikin puisi kyk gini..

    semoga menang ya mbak :)
    ditunggu folbeknya juga :)

    www.urkhanblog.com

    BalasHapus
  9. wah,ione suka endingnya..menghentak

    BalasHapus
  10. @Urkhan: makasih atas kunjunggannya..aku dah folbek lhoo:)

    @I-one: gitu ya?? wah maaf dah hentak2 dirimu hehehe :D

    BalasHapus
  11. walah mbak..aku tuh ga jago berpuisi dan suka tulalit koneknya... makanya lama ngertinya :p

    BalasHapus
  12. Wach Mbak puisinya keren abizz Mbak...

    Menang ni, *aku jurinya :)

    BalasHapus
  13. @ hilsya: sama mbak,..aku juga dalam tahap belajar koq :)

    @Yunda Hamasah: okay deh, mbak yunda aja jurinya hehehehe

    BalasHapus
  14. Huaaa.. kenapa mall mesti menjamur... menghilangkan segala keunikan sebuah budaya daerah :-(

    BalasHapus
  15. I'd say, mol mah di jakarta ajalah....
    Kalo kita mau berkunjung ke suatu daerha kayaknya gak bakal cari mol....
    btw, semoga menaaanng....

    BalasHapus
  16. Maaf Mba, baru sempat berkunjung nih...

    Meski kita saingan, tapi ku doakan: Moga menang kontes nya ya... :D

    BalasHapus
  17. ini keren banget ibuuuuuuu. tragis. dan ah.. kereeen!

    BalasHapus
  18. Mantapzz.... puisi yang berkelas. Semoga menang !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawanatah's Blog

    BalasHapus
  19. puisi suara hati yang menyuarakan nurani rakyat kecil yang hidupnya selalu dikalahkan dengan kepentingan yang berdalih demi ketertiban katanya.
    salam

    BalasHapus
  20. sangatlah inspiratif.. semoga menang kontes nya ya :)

    BalasHapus
  21. whuaaaa..puisinya cantiiikkk..aku sukaa :)

    moga sukses kontesnya ya mba..

    BalasHapus
  22. suka dengan idenya dan bagus untaian katanya :)

    BalasHapus
  23. @ Lyliana Thia: iya,..knp ya?? tamak sih mbak hehehe

    @ vitta: makasih doanya,..kalo ke daerah, baiknya emang jln2 ke pelosok desa,..:) alternatif yg menyenangkan

    @ Dewi Fatma: kudoakan juga dirimu menang mbak,.:)

    @ Pungky: makasih mbak,..

    @ R. Indra Kusuma Sejati: makasih mas :)

    @ Thanjawa Arif: aku suka sesuatu yg merakyat mas

    @ Merliza: makasih mbak atas kunjungannya,.:)

    @ windflowers: makasih sis :) ga ikutan tho?

    @ waroeng coffee: makasih :) aku jg suka ide puisimu mas,..makasih atas kunjungannnya..

    BalasHapus
  24. terimakasih atas partisipasi sahabat dalam kuis poetry hujan..^^

    *kejadian yang sungguh tak menyenangkan bagi pedagang...

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)