Kamis, 26 Maret 2015

Saat Tak Kunjung Hamil


Seperti yang kita ketahui teman, memiliki buah hati adalah dambaan semua orang. Pria dan wanita yang telah berpasangan secara sah di mata Allah pastilah merindukan hadirnya momongan dalam kehidupan mereka. Manusia yang menganggap dirinya paling berakal sehat pun selalu berpikir rasional, bahwa menikah sudah pasti akan memiliki anak. Namun garis logika tersebut tak selalu mulus. Seringkali manusia lupa, ada Allah yang lebih berhak menentukan segala sesuatu bagi umatNya. Hanya Allah yang bisa mengukur layak tidaknya pasangan dititipi momongan.
Jika sudah demikian, kita tak bisa berbuat lain selain terus berusaha dan berdoa. Di antara rangkaian usaha itu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:
1.      Berpikir positif
Kita tidak boleh berpikir negatif terhadap keputusan yang Allah turunkan. Bisa jadi di antara takdirnya ada kebaikan yang sebenarnya mengandung hikmah dan menambah pahala kita dunia dan akhirat.
2.      Selalu beristighfar
Saat seperti ini adalah saat yang tepat untuk memohon ampunan. Mungkin ada dosa yang pernah kita lakukan hingga menghalangi keinginan kita, yakni memiliki keturunan. Introspeksi diri adalah jalan terbaik, baik dari hal-hal sepele maupun hal-hal besar. Baik terhadap Allah, sesama manusia maupun pada makhluk hidup yang lain.
3.      Tetap menyayangi pasangan
Bagaimana pun memiliki anak bukanlah tujuan akhir dari sebuah pernikahan. Sahabat Ummi perlu menjauhkan diri dari segala macam prasangka pada pasangan dan tetap menjaga kemesraan sehingga hubungan tidak dingin dan tetap harmonis.
4.      Membesarkan hati
Tidak memberi penilaian buruk pada diri sendiri. Jangan sampai pula terlontar ucapan negatif yang menyudutkan diri sendiri. Mengucapkan hal-hal positif akan berpengaruh pada otak dan memotivasi hidup untuk tetap bersemangat berusaha memiliki momongan.
5.      Merubah gaya hidup
Jika biasanya pola makan tak pernah diperhitungkan maka ada baiknya mulai memikirkan kesehatan tubuh dan memilih makanan sehat. Mulailah mengasup sayuran dan buah-buahan yang menambah kesehatan (asam folat, vitamin C, Seng dll) dan gairah seks seperti alpukat, pisang, kerang dan hati. Tingkatkan aktivitas olahraga untuk memerlancar peredaran darah dan hindari kegemukan, kebiasaan merokok maupun minum minuman beralkohol. Tiga hal tersebut adalah faktor yang memengaruhi ketidaksuburan pria maupun wanita.
6.      Menghindari stres
Ketegangan hanya akan menghambat dan menurunkan keinginan untuk melakukan program istimewa ini.

Setiap keimanan akan diuji Allah pada waktu yang tak bisa dipastikan. Mungkin saja, Allah sedang mengukur kemampuan dan keikhlasan kita dalam berusaha. Bisa saja begini dan bisa saja begitu. Satu hal yang pasti, hanya Allah yang Maha Tahu atas segala yang ditakdirkanNya.

Ingatkah kita pada besarnya keimanan Nabi Ibrahim as, pada Allah? Saat itu, Allah menjanjikan Nabi Ibrahim as yang telah berusia tua, akan mendapatkan keturunan. Allah menurunkan janjinya hingga lima kali pada beliau. Subhanallah ya..betapa pantang menyerahnya beliau. Dan betapa yakinnya beliau pada janji Allah yang tak pernah ingkar. Buat kita, umatNya adalah sesuatu yang musykil namun tidak bagi Nabi Ibrahim as. Beliau patuh dan tunduk pada apa yang Allah perintahkan. Maka sudah sepatutnya kita mengikuti jejak Nabi Ibrahim as, mengimani dan taat sebagai umat.

artikel ini juga dipublikasikan di ummi-online.com

Sumber:
Yazid subakti, S. Si dan Deri Rizki Anggarani, S. Gz. 2007. Ensiklopedia Calon Ibu. Paduan Lengkap Mendidik Anak Secara Islami. Qultum Media.
Dr. Iskandar Junaidi. 2011. Kehamilan Sehat dan Mengatur Jenis Kelamin Anak. Andi Offset.
Dr. Jerald F. Dirk. 2002. Ibrahim Sang Sahabat Tuhan. PT. Serambi Ilmu Semesta.


10 komentar:

  1. Anak adalah sebuah titipan, jika belum diberikan berarti Allah masih menguji untuk bersabar dan satu lagi manusia hanya bisa berharap, tapi hasil akhir hanya Allah yang Maha Bekehendak :)

    BalasHapus
  2. Insya Allah pada waktunya hamil ya

    BalasHapus
  3. aamiin semoga bisa didapatkan anak yang soleh dan berbakti pada orang tua..

    BalasHapus
  4. intinya banyak doa, berusaha dan ga usah terlalu ngoyo ya

    BalasHapus
  5. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bagus, terima kasih telah membagi informasi tersebut

    BalasHapus
  7. Yah begitulah, backlink dari google ini memang perlu untuk kita kejar dan kita dapatkan

    BalasHapus
  8. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  9. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus
  10. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak ya,..makasih :)